Sukses

BMKG: Melonguane dan Mamasa Digetarkan Gempa Hari Ini

Gempa pertama pada hari ini membuat wilayah Melonguane, Sulawesi Utara bergoyang.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Indonesia kembali digoyang gempa hari ini, Jumat (8/11/2019). Hingga pukul 19.00 WIB, setidaknya ada dua lindu yang menggetarkan Nusantara.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id.

Gempa pertama pada hari ini membuat wilayah Melonguane, Sulawesi Utara bergoyang. Kekuatan lindu mencapai magnitudo 5,4.

Tak hanya Melonguane, wilayah Mamasa, Sulawesi Barat juga turut digetarkan gempa. Lindu yang terjadi ini berkekuatan magnitudo 3,6.

Berikut dua gempa hari ini yang menggetarkan Indonesia:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melonguane

Gempa pertama pada hari ini terjadi di wilayah Melonguane, Sulawesi Utara. Lindu terjadi pada pukul 05:41:29 WIB.

Gempa ini berkekuatan magnitudo 5,4 dengan kedalaman 84 kilometer. Pusat gempa berada di 184 kilometer barat laut Melonguane, Sulawesi Utara.

Lokasi gempa berada pada garis 5.63 Lintang Selatan-126.37 Bujur Timur.

 

3 dari 3 halaman

Mamasa

Lindu pada hari ini terjadi di wilayah Nusalaut, Maluku Tenggara. Lokasi gempa berada pada garis 2.85 Lintang Selatan-119.47 Bujur Timur.

Lindu terjadi pada pukul 13:32:21 WIB. Gempa berkekuatan magnitudo 3,6 dengan kedalaman 8 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 17 kilometer timur laut Mamasa, Sulawesi Barat.

 

(Reynaldi Hasan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi