Sukses

Sultan Himayatuddin, Raja Pulau Buton yang Jadi Pahlawan Nasional

Ketika La Karambau dilantik menjadi Sultan Buton ke-20 dengan gelar Sultan Himayatuddin, ia langsung menyatakan diri menentang dominasi VOC Belanda tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sultan Himayatuddin diberikan gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pemberian gelar pahlawan nasional dilakukan hari ini, Jumat (8/11/2019) di Istana Negara.

Pemberian gelar pahlawan nasional tak hanya kepada Sultan Himayatuddin saja, tetapi ada lima orang lainnya juga. Mereka adalah Abdul Kahar Mudzakkir, Alexander Andries (AA) Maramis, KH Masykur, Prof M Sardjito, dan Ruhana Kudus.

Lantas, siapakah sosok Sultan Himayatuddin? Sultan Himayatuddin merupakan pemimpin Kesultanan Buton yang terletak di Pulau Buton sebelah tenggara Pulau Sulawesi.

Sultan La Karambau yang memiliki gelar Sultan Himayatuddin Ibnu Sultaani Liyaauddin Islamail itu sempat menjabat menjadi Sultan ke-20 pada 1750–1752 dan Sultan ke-23 pada 1760 – 1763.

Sultan Himayatuddin sangat mencintai keadilan, oleh karena itu nuraninya terusik dan jiwanya memberontak saat mengetahui bahwa secara sepihak VOC Belanda membuat aturan pembatasan pelayaran orang Buton, pembebasan pajak atas kapal VOC Belanda yang berlabuh di pelabuhan Buton, dan penghancuran tanaman rempah di Buton.

Aturan-aturan ini menciptakan penderitaan hidup rakyat Buton yang mayoritas menggantungkan hidupnya dalam bidang maritim.

Ketika La Karambau dilantik menjadi Sultan Buton ke-20 dengan gelar Sultan Himayatuddin, ia langsung menyatakan diri menentang dominasi VOC Belanda tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cucu Sultan Himayatuddin Dibawa Karena Konsisten Lawan VOC

Penentangan yang pelan tetapi pasti dijalankan hingga akhirnya meletuslah perang secara terbuka antara Kesultanan Buton melawan VOC Belanda yang kulminasinya terjadi pada 1755, di mana pasukan pimpinan Himayatuddin berkekuatan 5.000 prajurit bertempur melawan pasukan VOC Belanda.

Dalam perang tersebut, anak dan cucu Sultan Himayatuddin ditawan dan dibawa oleh VOC Belanda. Sedangkan Himayatuddin bersama pasukannya berpindah ke dalam hutan Siontapina guna memulihkan kekuatan dan menyusun strategi perang gerilya.

Sultan Himayatuddin konsisten berjuang dari dalam hutan dalam mengusir VOC Belanda dari tanah Buton.

Hal ini terbukti dengan penyerangan tiba-tiba yang dilakukannya pada kapal-kapal VOC Belanda saat melintas di perairan Buton dan penyerangan terukur lainnya.

Perang gerilya yang dilakukan oleh Sultan Himayatuddin tercatat berlangsung sejak 1755 hingga 1776 atau selama 21 tahun.

Sultan Himayatuddin yang dikenal tidak pernah mau berkompromi dengan VOC Belanda ini meninggal dunia pada 1776 dalam usia 86 tahun.

 

(Rizki Putra Aslendra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.