Sukses

Police Movie Festival Kembali Digelar, Ini Deretan Pemenangnya

Ari Dono mengatakan, Police Movie Festival menjadi sarana dalam menjaga keutuhan bangsa dan juga sebagai sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan pesan dan harapannya kepada Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Divisi Humas Mabes Polri kembali menggelar Police Movie Festival (PMF) 2019 dengan mengusung tema "Together We Are Strong". Sebanyak 386 sineas dan animator turut memeriahkan acara ini. 

Pemenangnya pun telah diumumkan di Jakarta Theater, Sarinah, Jakarta Pusat, pada Kamis,7 November 2019. Selain mendapat penghargaan langsung dari Wakapolri, Para pemenang juga mendapatkan hadiah uang tunai Rp 150 juta.

Dalam sambutannya, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, Police Movie Festival merupakan salah satu sarana dalam menjaga keutuhan bangsa dan juga sebagai sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan pesan dan harapannya kepada Polri, sehingga dapat membangun Polri ke arah yang lebih baik dan terbentuk kepercayaan dan sinergi yang baik antara Polisi dan masyarakat.

"Semoga PMF dan komunitas perfilman di Indonesia semakin dipandang untuk mendapatkan panggung di kancah nasional maupun Internasional," ujar dia.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal, mengatakan kegiatan ini bentuk sinergi kepolisian dengan dunia film Tanah Air serta masyarakat demi membangun situasi dan stabilitas keamanan di masyarakat di era teknologi ini.

"Dirancang oleh putra bangsa untuk film pendek dan film animasi, jadi mengajak kita untuk mau nonton dan adanya ajakan untuk cerita positif untuk ke depan menyongsong era teknologi cukup tinggi. Banyak nilai positifnya," katanya.

Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnutama mengapresiasi gelaran Police Festival Movie 2019. 

"Saya apresiasi tinggi lomba Police Festival Movie 2019 ini karena dimana cara terbaik memberikan pesan adalah melalui karya,” ujar dia.

Kali ini terpilih 10 nominasi film pendek dan 10 nominasi film animasi tebaik, dan juara 1, 2 dan 3 pada masing-masing kategori.

Juara 1 kategori film animasi diraih oleh Reisal Prabaya dengan judul film "Strong", juara ke 2 diraih oleh Candra Hadi Suparman dengan judul film "Unlikely Friendship" dan juara 3 diraih oleh M Fachmy Alrasyid dengan judul film "Teror". 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penilaian Juri

Sementara itu untuk Kategori Film Pendek juara 1 diraih oleh Jane Chrisdiyanti dengan judul film "Cikal", Juara 2 diraih oleh Suwanda dengan judul film "Tersembunyi", sedangkan untuk juara 3 diraih oleh Darius Manihuruk dengan judul film "Dibalik Tameng".

Salah seorang juri, Wahyu Aditya penilaian berdasarkan kesesuaian cerita, teknik sinematografi dan editing.

"Penilaian mulai dari kesesuaian cerita, teknik sinematografi dan editing. Banyak yang kita nilai, animasi dan non animasi. Menurut saya pribadi makin membanggakan secara kualitas dan kontribusi. Imajinasi dan kreativitasnya liar," kata Wahyu Aditya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.