Sukses

Atlet Basket Peyton Alexis dan Pesepak Bola Fabiano Beltrame Resmi Jadi WNI

Peyton Alexis Whitted dan Fabiano da Rosa Beltrame resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini diputuskan dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi III DPR RI bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga di Ruang Rapat Komisi III DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta Peyton Alexis Whitted dan Fabiano da Rosa Beltrame resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini diputuskan dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi III DPR RI bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara Paripurna Lantai 1, Jakarta, Selasa  (5/11) siang. Raker ini turut dihadiri Menpora Zainudin Amali.
 
Menpora mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI yang sudah mengundangnya. Menurutnya, DPR memberikan perhatian besar terhadap perkembangan olahraga khususnya mengenai naturalisasi pemain.
 
“Kami bermitra dengan Komisi X tapi kami diundang pertama oleh Komisi III. Dan ini merupakan rapat pertama kami dan kami sangat berbahagia. Bersama kami, hadir juga dua atlet yang akan di naturulisasi yaitu Peyton Alexis Whitted asal Amerika Serikat dan Fabiano da Rosa Beltrame asal Brasil," ujarnya 
 
"Peyton Alexis Whitted merupakan pemain bola basket profesional. Ia pernah mengantar klub Basket Bulldogs ke Semifinal pada pertandingan Junior di AS pada tahun 2013. Pemain handal kampus Pennsylania University pada tahun 2015. Bergabung di Niki Lefkades Yunani dengan catatan 14,1 poin, 9,3 rebound, 1,6 assist, 1,8 steal per pertandingan pada tahun 2017 dan pada tahun 2018 bergabung ke klub basket ACS Sepsi Rumania dengan nilai statistik 9,8 poin, 3,5 rebound dan 1,2 assist tiap pertandingan," jelasnya. 
 
Ia melanjutkan untuk Fabiano da Rosa Beltrame merupakan pemain sepakbola profesional. Fabiano pernah berkarir di klub Persela Lamongan pada tahun 2005, Persmin Minahasa pada tahun 2007, Persela Lamongan pada tahun 2008, Persija Jakarta 2011, Arema Cronus 2014 dan Madura United FC 2016. 
 
Menurutnya, pertimbangan lainnya, Peyton Alexis Whitted akan ikut bergabung dengan timnas 3x3, dengan tinggi badan Peyton 192 cm merupakan poin unggulan bagi atlet dan tim untuk dapat memenangkan pertandingan di setiap event. Usia 24 tahun sangat dibutuhkan di timnas untuk jangka waktu panjang.
 
"Sedangkan Fabiano telah berkontribusi selama 14 tahun di dunia sepakbola Indonesia sebagai contoh dalam memberikan pengalaman pada pemain muda, kontribusi pada klub Indonesia dengan torehan 44 gol di Liga Indonesia," tuturnya. 
 
Pada raker tersebut, Peyton dan Fabiano diminta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengucapkan teks Pancasila. Proses pengucapan teks Pancasila oleh Peyton dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Fabiano dilakukan dengan lancar dan mendapat tepuk tangan dari seluruh hadirin.
 
Di akhir raker semua fraksi di Komisi III DPR RI menyetujui Peyton Alexis Whitted dan Fabiano da Rosa Beltrame menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hadir dalam raker yakni Sesmenpora Gatot S Dewa Broto bersama sejumlah pejabat eselon I dan II Kemenpora, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham Cahyo R Muhzar, Ketum Perbasi Danny Kosasih dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.
 
 
(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.