Sukses

Mendagri Tito: Kepala Daerah Jangan Takut Diawasi

Mantan Kapolri itu mengatakan, kepala daerah banyak yang takut ditangkap karena kasus korupsi.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, pihaknya akan mengedepankan pengawasan internal kepala daerah guna mencegah praktik korupsi. Pengawasan internal itu terkoneksi dengan pengawasan internal di Kemendagri.

Tito mengatakan, Kemendagri telah bekerja sama dengan BPK, BPKB, KPK, Polri, sampai Kejaksaan. Hal itu dalam rangka melaksanakan pengawasan keuangan dan pembangunan. Namun, Tito menegaskan, intinya kepala daerah tidak boleh ada rasa takut akibat diawasi.

"Tapi prinsipnya jangan sampai ada rasa ketakutan," ucap Tito di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019).

Mantan Kapolri itu mengatakan, kepala daerah banyak yang takut ditangkap karena kasus korupsi. Sehingga tidak mampu melakukan eksekusi program yang membuat penyerapan anggaran daerah hanya sampai 60 persen.

Akhirnya, kata Tito, banyak uang daerah yang ditaruh di bank dan tak mampu dimanfaatkan untuk masyarakat.

"Rasa ketakutan dari kepala daerah akhirnya tidak mampu tidak berani mengeksekusi karena takut, akhirnya mohon maaf kami melihat sejumlah penyerapan anggaran daerah banyak yang 60 persen bahkan ada yg kurang," tegas Tito.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.