Sukses

Nadiem Makarim: Jadi Guru Lebih Sulit dari Mendikbud

Nadiem mencontohkan, bagaimana hebatnya seorang guru yang dituntut mendidik banyak murid dalam satu kelas meski dengan latar belakang dan pribadi yang sangat berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Mendikbud Nadiem Makarim mengakui tugas berat yang harus diemban guru-guru di Indonesia. Bahkan dia mengibaratkan tugas seorang guru lebih sulit dibandingkan dengan tugas seorang mendikbud.

"Saya kalau bicara dengan guru-guru, sudah jelas bahwa ini adalah satu tugas tersulit di negara kita, menjadi guru. Saya bisa bilang menjadi menteri mungkin lebih mudah daripada jadi guru,” kata Nadiem di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (6/11/2019).

Nadiem Makarim mencontohkan, bagaimana hebatnya seorang guru yang dituntut mendidik banyak murid dalam satu kelas meski dengan latar belakang dan pribadi yang sangat berbeda satu dan lainnya.

"Bayangkan semua murid dalam kelas punya sosial ekonomi berbeda, punya kepribadian berbeda, punya pola belajar berbeda, punya orangtua berbeda, dan lain lain," ucapnya.

Apalagi dengan sumber daya yang terbatas bagi guru di Indonesia, namun guru tetap dituntut memberi pembelajaran yang baik. Hal itu lah yang membuat Mantan CEO Gojek itu mengakui rumitnya menjadi guru.

"Tapi guru harus memastikan dengan resource yang minim saya pastikan pembelajaran itu terjadi. Jadi kompleksitas tugas guru luar biasa," tandas Nadiem Makarim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.