Sukses

Ada yang Beda di Serah Terima Jabatan Kapolri dari Tito Karnavian ke Idham Azis, Apa Itu?

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Idham Azis menerima panji-panji Polri dari Tito Karnavian, Rabu (6/11/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Idham Azis menerima panji-panji Polri dari Tito Karnavian. Penyerahan panji-panji ini menjadi pertanda serah terima jabatan (sertijab) dari Tito Karnavian ke Idham Azis.

Pada sambutannya, Tito yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri mengatakan, ada yang berbeda dengan sertijab kali ini dibanding sertijab Kapolri pada periode-periode sebelumnya.

"Sertijab kali ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Sudah ada terobosan lain. Pada saat pelantikan, Pak Idham Azis dilantik sekaligus menerima tongkat komando," ujar Tito Karnavian, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/11/2019).

Setelah itu, dia mengingatkan Idham Azis akan berat dan besarnya tugas Kapolri. Dia menyampaikan selamat bertugas kepada Idham Azis.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gantikan Tito yang Diangkat Jadi Mendagri

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Komjen Idham Azis menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian di Istana Negara, Jumat 1 November 2019.

Idham Azis dilantik dengan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Kapolri Nomor 97 Tahun 2019 tentang pengangkatan Kapolri.

Saat pelantikan, Idham Azis pun bersumpah akan setia pada RI berdasar Pancasila dan UUD 1945. Idham juga berjanji akan melaksanakan aturan perundang-undangan yang ada. 

"Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Saya akan menjunjung tinggi Tribrata," kata Idham Azis menirukan Jokowi. 

Idham pun menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan Mendagri Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.