Berwisata Religi Ke Makam Syekh Tubagus Dako di Purwakarta

Oleh Reza pada 05 Nov 2019, 16:52 WIB
Diperbarui 05 Nov 2019, 16:52 WIB
Makam Syekh Tubagus Dako
Perbesar
Syekh Tubagus Daqo merupakan salah satu ulama yang dahulu berjuang melawan penjajah.

Liputan6.com, Jakarta Banyak ulama Indonesia yang dicap sebagai patriot bangsa. Sebut saja Kiai Wasith dan Kiai Haji Ismail dalam perlawanan penjajah di Cilegon, atau KH Hasyim Asy’ari yang berjuang melawan penjajah dengan emndirikan pesantren di Jawa Timur. 

Ternyata tak hanya mereka yang berjuang mengusir penjajah. Salah satunya ada di Purwakarta. Bernama Syekh Tubagus Dako dahulu ia merupakan pejuang melawan penjajah. 

Tak tanggung-tanggung, Syekh Tubagus Dako sempat menjadi ulama yang dicari-cari oleh penjajah. Dihimpun dari berbagai sumber, Syekh Tubagus Dako merupakan ulama ‘sakti’ bahkan ia diceritakan kebal dan mampu bebas berkeliaran walaupun saat itu ia di penjara. 

Kini, sang ulama tersebut bermakam di wilayah Purwakarta. Tepatnya di Desa Taringgul, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Makam tersebut telah menjadi wisata religi bagi masyarakat Purwakarta maupun dari daerah lain. 

 

 

Makam Syekh Tubagus Dako
Perbesar
Makam Syekh Tubagus Daqo menjadi salah satu wisata religi di Purwakarta.

Untuk menuju ke makam tersebut, kamu cukup datang ke Desa Taringgul. Banyak masyarakat setempat yang mengetahui lokasi makam tersebut, jadi tak perlu takut nyasar. Setelah sampai, kamu akan disambut dengan papan larangan wanita yang ingin masuk. 

Mulai dari situ, kamu cukup berjalan kaki menuju hutan dan sawah. Kira-kira 1 kilometer jaraknya. Setelah sampai makam, terlihat makam Syekh Tubagus Dako hanya dari bebatuan dan dikelilingi lumut yang bisa kamu duduki saat berziarah.  

Makam Syekh Tubagus Dako bisa kamu kunjungi saat berada di Purwakarta. Dengan wisata religi ini memberikan kamu pengetahuan mengenai perjuangan ulama tersebut di Purwakarta. 

 

(*)