Sukses


Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar 2019 di Gedung Nusantara, Siapa Juaranya?

Lomba itu digelar di Gedung Nusantara IV MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tenggarong, Kalimantan Timur keluar sebagai juara pertama lomba cerdas cermat Empat Pilar MPR RI tingkat Nasional 2019. Yang menjadi juri dalam lomba tersebut adalah anggota MPR fraksi PDI Perjuangan Abidin Fikri, anggota MPR fraksi Gerindra Elino M Husein Mohi, dan Anggota MPR Fraksi Partai Golkar, Idris Laena.

Dalam babak grand final, SMA Negeri 1 Tenggarong unggul atas SMAN 1 Brebes, Jawa Tengah dan SMAN 2 Sampit, Kalimantan Timur. Lomba itu digelar di Gedung Nusantara IV MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Anggota MPR Fraksi Partai Golkar, Idris Laena mengatakan, SMAN 1 Tenggarong meraih poin 199, yang diikuti SMAN 2 Sampit yang duduk di juara 2 dengan poin 172. Alhasil SMAN 1 Brebes hanya mampu memperoleh juara 3 dengan poin 160.

"Perolehan poin tertinggi 199 adalah SMA Negeri 1 Tenggarong, peringkat kedua diraih SMAN 2 Sampit dan peringkat ketiga diraih SMAN 1 Brebes," ujar dia di atas panggung.

Idris pun mengapresiasi para peserta maupun rekan-rekannya yang hadir memberikan semangat. Menurut dia, generasi penerus bangsa ini dianggap sudah mampu memberikan penjelasan empat pilar kebangsaan. Terbukti dalam lomba yang barusan digelar.

Ia pun berharap dengan adanya perlombaan cerdas cermat ini mampu meningkatkan kesadaran nilai-nilai berbangsa dan bernegara di dalam masyarakat.

"Ini setiap tahun diselenggarakan MPR dan oleh karenanya apa namanya kami berharap peminatnya makin banyak peminatnya banyak dari sekolah-sekolah di Kabupaten," kata Idris.

Sementara itu, di atas pangung, para peserta langsung menerima hadiah. Juara I berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp50 juta, medali emas, plakat penghargaan, dan piala berbentuk miniatur gedung MPR RI.

Untuk juara II berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp40 juta, medali perak, plakat penghargaan, dan piala berbentuk miniatur gedung MPR RI.

Dan juara III berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp 30 juta, medali perunggu, plakat penghargaan dan piala berbentuk miniatur gedung MPR RI.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiat Juara

Sri Sahid Sahid, guru pendamping SMAN 1 Tenggarong amat senang melihat anak didiknya duduk di puncak dalam lomba tersebut. Menurut dia, tidak ada kiat khusus dalam menghadapi perlombaan tingkat nasional itu.

Setiap harinya, murid-murid yang lolos seleksi diberikan nutrisi tambahan berupa tambahan jam belajar di luar jam sekolah.

Dari situ, murid-murid bisa mengulang atau mengingat kembali materi soal Pancasila, UUD 1945, tata negara, dan kebangsaan.

"Alhamdulillah pada Allah telah memberikan kesempatan untuk juara 1 tingkat nasional. Persiapannya sudah 1 tahun sebelumnya. Kan ada lomba cerdas cermat 4 pilar seleksi seleksi dari sekolah kemudian tingkat kabupaten tingkat provinsi, baru sampai ke tingkat nasional," terang dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.