Sukses

LSI: Masyarakat Masih Puas Kinerja Demokrasi Pemerintahan Jokowi

Dalam empat tahun terakhir masyarakat cenderung puas, namun dalam setahun terakhir terbilang belum stabil.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis riset terkait kinerja demokrasi di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hasilnya, sejauh ini mayoritas masyarakat masih puas dengan jalannya demokrasi di Indonesia.

"Hingga September 2019 awal, ada 65 persen masyarakat yang puas dengan kinerja demokrasi Indonesia dan sangat puas dengan 4,7 persen. Artinya tingkat kepuasan di September 2019 ini mencapai 70 persen," tutur Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan di kawasan Menteng, Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2019).

Hanya saja, lanjut dia, kepuasan itu sifatnya masih fluktiatif. Memang dalam empat tahun terakhir masyarakat cenderung puas, namun dalam setahun terakhir terbilang belum stabil.

"Ini juga agak menurun jika dibandingkan dengan 2017 yang mencapai 74 persen. Kalau dibandingkan dengan zaman SBY, itu 76 persen masyarakat puas. Jadi kalau dibandingkan periode kedua pemerintahan sebelumnya dengan Jokowi, agak menurun," jelas dia.

Penelitian ini dilakukam pada tanggal 8 September sampai dengan 17 September 2019. LSI mengambil populasi seluruh warga Indonesia yang telah memiliki hak pilih atau usia 17 tahun lebih dengan metode multistage random sampling.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkat Kepercayaan

Sampel yang digunakan sebanyak 1.550 responden dengan pengambilan data lewat wawancara tatap muka. Adapun margin of error kurang lebih sebesar 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Sample representatif yang dapat mewakili seluruh masyarakat Indonesia mulai dari segi gender, daerah desa kota, agama, etnis," Djayadi menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.