Sukses

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Jokowi Diberi Jersey Nomor 21

Pemberian jersey ini bagian dari acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA di Bangkok, Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Sejumlah pemimpin negara ASEAN berpose dengan mengangkat jersey biru berlatarkan nomor punggung disertai nama. Dari para pemimpin yang datang hanya Presiden Jokowi yang mendapatkan nomor punggung berbeda.

Sebab tujuh pemimpin mendapatkan nomor punggung 9 dan dua lainnya mendapatkan nomor punggung 10. Sedangkan Jokowi mendapatkan nomor punggung 21.

Dibalik nomor punggung yang berbeda itu, memang memiliki arti tersendiri, yakni ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Pemberian jersey ini bagian dari acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan FIFA yang dilaksanakan di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu 2 November 2019.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato' Lim Jock Hoi dan Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dalam pertemuan antar pimpinan negara itu terdapat empat kerja sama yang dilakukan antara ASEAN dengan FIFA.

"Pertama adalah promotion of sport integrity, yang kedua adalah sport for development, yang ketiga adalah FIFA football for school programme, dan yang keempat adalah professional capacity building," ucap Retno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembukaan KTT ke-35 ASEAN

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Exhibition & Convention Center, Bangkok, Thailand pada Minggu (3/11/2019).

Pada hari kedua kunjungannya di Bangkok, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri KTT ke-22 ASEAN-China.

Seperti dilansir dari keterangan pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, di sela-sela acara ini Jokowi akan menggelar pertemuan bilateral dengan Direktur Pelaksana IMF. Selanjutnya, Kepala Negara akan menghadiri KTT ke-16 ASEAN-India.

Kemudian setelah santap siang bersama, Jokowi akan bertemu dengan PM India dan menghadiri KTT ke-10 ASEAN-PBB.

Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan menghadiri gala dinner bersama pemimpin negara anggota ASEAN lainnya di Impact Challenger, Bangkok, Thailand.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.