Sukses

Undang Anies Baswedan ke Kongres Internal, Nasdem Cek Ombak Pilpres 2024?

Hubungan antara Partai Nasdem dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, semakin akrab.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan antara Partai Nasdem dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, semakin akrab. Setelah bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh pada 24 Juli 2019 lalu, kini Anies diundang ke pembukaan kongres internal Nasdem.

Direktur Eksekutif Indonesia Politican Review, Ujang Komarudin menilai, Nasdem sedang cek ombak Pilpres 2024. Ini bakal menjadi pertimbangan bakal mengusung Anies atau tidak di pemilihan presiden mendatang.

"Nadem sedang cek ombak apakah publik bisa menerima Anies jika nanti disorong Nasdem untuk 2024," kata Ujang kepada Merdeka, Sabtu (2/11/2019).

Dia menuturkan, kedekatan Nasdem dan Anies Baswedan juga sebagai bagian dari upaya penjajakan Pemilu 2024. Pasalnya, Nasdem tidak mempunya sosok internal yang kuat untuk diusung menjadi calon presiden.

"Nasdem tak punya tokoh internal yang ready untuk maju Pilpres. Oleh karena itu, Nasdem melirik Anies. Namun bisa juga nanti juga Nasdem melirik tokoh lain. Jadi tergantung dari perkembangan dan dinamika politik yang terjadi ke depan," ungkapnya.

Menurut dia, Nasdem menilai Anies sebagai sosok yang bebas dari korupsi. Anies Baswedan, kata Ujang, dinilai memiliki potensi untuk diusung sebagai capres.

"Karena Anies salah satu tokoh potensial dan capres potensial di 2024. Karena posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Masih ingat Jokowi. Dulu dia terpilih jadi presiden di 2014 karena Jokowi Gubernur DKI Jakarta," ujar Ujang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Politik Dinamis

Ujang menilai Nasdem juga tidak khawatir dengan sosok Anies yang pernah dianggap masyarakat memenangkan Pilgub DKI Jakarta karena isu identitas. Ujang menegaskan, dinamika politik selalu berubah.

"Dinamika politik selalu berubah. Dan perilaku pemilih juga berubah. Isu politik kedepan juga berubah. Tak akan merubah para pendukung Nasdem," ujar Ujang.

Pengamat Politik Hendri Satrio juga mengatakan yang sama. Hendri menilai, kedekatan terbentuk karena Surya Paloh kenal lama dengan Anies. Namun, ada juga faktor Nasdem ingin menjadikan Anies sebagai Calon Presiden 2024.

"Surya Paloh kenal Anies udah lama, NasDem bahkan masih berbentuk ormas juga Anies salah satu pendirinya jd udah lama kenal. Kalau kemudian Anies diundang ya Anies kan salah satu yang memang bersinar saat ini sebagai calon presiden. Jadi mungkin Surya Paloh menimbang-mimbang juga Anies sebagai salah satu calon," ucap Hendri kepada Merdeka, Sabtu (2/11).

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini