Sukses

Senyum Panglima TNI Sambut Kapolri Baru Idham Azis

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis ingin bersilaturahmi sekaligus memperkuat sinergitas antara TNI-Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis bertandang ke kantor Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019). Pertemuan digelar secara tertutup.

Kapolri beserta rombongan tiba pukul 13.00 WIB. Dia menggunakan Land Cruiser Prado. Kehadiran Kapolri disambut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta jajaran.

Areal di halaman kantor dijaga ketat. Awak media hanya boleh mengambil gambar dari luar pagar.

Dari foto yang diterima pihak Humas Polri, Kapolri dan Panglima TNI terlihat bersalaman. Kapolri juga ditemani oleh Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal.

Pertemuan berlangsung selama 30 menit. Kapolri langsung meninggalkan lokasi sekira pukul 13.35 WIB. Disusul rombongan Panglima TNI.

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis ingin bersilaturahmi sekaligus memperkuat sinergitas antara TNI-Polri.

Menurut Iqbal, Kapolri paham bahwa TNI merupakan mitra terpenting di dalam menjaga dan, menjamin keamanan. Kapolri akan meminta restu, serta saran agar ke depan sinergitas TNI-Polri kuat.

"TNI-Polri adalah dua pilar terpenting untuk utuhnya negara kesatuan Republik Indonesia," kata Iqbal.

Kebetulan, kata dia, Kapolri Idham Azis adalah junior dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. "Tentunya sebagai budaya timur, terus budaya antara senior junior, sesama di akademi, akademi kepolisian akademi angkatan. Beliau pasti akan silaturahmi," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komjen Idham Azis menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian di Istana Negara, Jumat (1/11/2019).

Idham Azis dilantik dengan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Kapolri Nomor 97 Tahun 2019 tentang pengangkatan Kapolri.

Saat pelantikan, Idham Azis pun bersumpah akan setia pada RI berdasar Pancasila dan UUD 1945. Idham juga berjanji akan melaksanakan aturan perundang-undangan yang ada. 

"Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab. Saya akan menjunjung tinggi Tribrata," kata Idham Azis menirukan Jokowi. 

Idham pun menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan Mendagri Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.