Sukses

Idham Jadi Kapolri, Mendagri Dorong Kepala Daerah Bersinergi dengan Kepolisian

Mendagri berharap, Kapolri Idham bisa kerja sama dan bersinergi dengan Kemendagri sebagai poros pemerintahan dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengucapkan selamat atas dilantiknya Idham Azis sebagai Kapolri. Idham pun resmi menyandang pangkat bintang empat atau Jenderal Polisi.

Tito berharap, Idham bisa kerja sama dan bersinergi dengan Kemendagri sebagai poros pemerintahan dalam negeri. Proses ini diharapkan mampu terlaksana dengan baik. Terlebih dalam menjaga ketertiban, keamanan, dan stabilitas di daerah.

"Saya sebagai pembina untuk kepala daerah, ya jadi nanti di situ kan kita mengenal adanya Forkopimda, dimana kepala daerah adalah pimpinannya. Kita harapkan nanti ada kekompakkan di tiap-tiap daerah, misalnya Gubernur, Kapolda, Pangdam, Kajati, Perguruan Tinggi, dan lainnya," kata Mendagri Tito, Jumat (1/11/2019).

Dia menambahkan, sebagai pembina kepala daerah, Tito akan mendorong kepala daerah untuk membangun sinergi yang bagus dengan Kepolisian, TNI, Kajati, dan unsur Perguruan Tinggi, dan Ketua DPRD.

"Kalau kompak sebetulnya Forkompimda itu daerah itu akan aman-aman saja," jelasnya.

Tito mengungkapkan, pekerjaan yang harus dikerjakan Kapolri baru tidak gampang. Karena harus mengurusi sekitar 460 ribu orang di internal Polri, eksternal ada 34 Polda, 500 lebih Polres dan hampir 5 ribu Polsek yang tersebar di semua wilayah.

"Kemudian pelaksanaan tugas pokok Kamtibnas sambil juga pelayanan kepada publik ya," ucap Mendagri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Lantik Kapolri

Presiden Jokowi telah melantik Kapolri Jenderal Idham Azis di Istana Negara Jakarta, Jumat (1/11/2019). Ia pun mendapatkan kenaikan pangkat dari Komjen menjadi jenderal.

 

Dia menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian sebagai Kapolri yang didapuk sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Indonesia Maju 2019 - 2024.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.