Sukses

BMKG: Jailolo, Pangandaran, Maluku Diguncang Gempa Hari ini

Jailolo diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,4, Kamis siang sekitar pukul 00:29:00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Ada tiga wilayah Indonesia yang digoyang gempa hari ini, hingga pukul 20.30 WIB, Kamis (31/10/2019). Lindu pertama terjadi di Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Sementara, gempa kedua dan ketiga masing-masing terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dan Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku.

Belum ada laporan resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait potensi tsunami maupun dampak yang ditimbulkan akibat gempa.

Meski demikian, kuatnya getaran dirasakan di sejumlah wilayah. Baik itu di Jailolo, Pangandaran, dan Kairatu.

Berikut tiga gempa hari ini yang mengguncang wilayah Indonesia:

  

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gempa Jailolo

Jailolo diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,4, Kamis siang sekitar pukul 00:29:00 WIB.

BMKG menyebut pusat gempa berada di laut atau sekitar 128 kilometer bagian barat laut Jailolo.

Sementara, koordinat titik lindu terletak di 1,49 Lintang Utara (LU) dan 126,39 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer. 

3 dari 4 halaman

Gempa Pangandaran

Lindu kedua mengguncang Kabupaten Pangandaran, pada pukul 08:56:12 WIB. Gempa bermagnitudo 4,8 terjadi di laut atau sekitar 64 km barat daya Pangandaran.

Lewat laman resminya, BMKG melaporkan koordinat titik gempa terletak pada 8,23 Lintang Selatan dan 108,25 Bujur Timur. Lindu berada di kedalaman 25 kilometer.

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas gempabumi di intraslab Lempeng Eurasia," kata Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho dalam keterangan resminya, Bandung, Kamis (31/10/2019).

Hendro menjelaskan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cilacap dengan skala intensitas II MMI, Ciamis, Tasikmalaya, Banjar dengan skala I-II MMI serta Pangandaran dengan Skala Intensitas II - III MMI.

4 dari 4 halaman

Gempa Kairatu, Maluku

Maluku menjadi wilayah ketiga yang digoyang gempa hari ini. Lindu bermagnitudo 3,2 terjadi pada pukul 09:22:48 WIB.

Seperti halnya Pangandaran, pusat gempa terjadi di laut atau sekitar 25 km bagian selatan Kairatu dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara, titik koordinat gempa terletak pada 3,56 LS dan 128,4 BT. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.