Sukses

Airlangga Hartarto Gelar Rapat Golkar di Kemenko Perekonomian, Ini Kata Menteri PAN RB

Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo tak masalah Airlangga menggelar rapat partai di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Liputan6.com, Jakarta - Tindakan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang menggelar rapat partai di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menuai polemik. Menko Perekonomian itu dinilai menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan partai.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju turut menanggapi persoalan ini. Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo tak masalah Airlangga menggelar rapat partai di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Sebab, tak ada aturan yang melarang penggunaan fasilitas negara untuk partai politik.

"Enggak ada masalah, enggak ada aturannya kok," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (31/10/2019). 

Politikus PDIP ini menilai wajar bila partai politik meminjam ruangan kementerian untuk menggelar rapat. Apalagi Menteri Airlangga merupakan kader partai yang bekerja untuk bangsa dan negara.

"Masak hanya mau pakai ruangan saja enggak boleh, kan enggak ada masalah. Kalau saya enggak ada masalah. Karena menteri-menteri dari parpol," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa enggan berkomentar banyak soal sikap Airlangga tersebut. Dia hanya mengatakan dirinya tak pernah menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan partai selama menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat Indonesia pada era Susilo Bambang Yudhoyono.

"Sepanjang pengalaman saya, saya juga pernah jadi menteri. Bahkan Wantimpres tidak pernah menggunakan fasilitas negara," ujar Plt Ketua Umum PPP ini. 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Itu Gosip?

Di lokasi yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menolak berkomentar soal sikap Airlangga yang menggelar rapat partai di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dia beralasan belum mengetahui apakah informasi tersebut benar atau hoaks.

"Saya belum tahu betul apa nggak," kata dia.

Politikus Partai NasDem ini justru curiga kabar Airlangga menggelar rapat partai di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian hanya gosip semata.

"Apa itu gosip? Sudah cukup gosip, jangan banyak-banyak gosipnya lah," ucapnya.

"Saya nggak tahu apakah itu rapat atau apa," imbuh dia.

Airlangga melakukan rapat tertutup dengan anggota Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Golkar, pada Selasa, 29 Oktober 2019 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Pertemuan dimulai sekitar pukul 17.30 hingga 18.45 WIB.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.