Sukses

Terpilih Jadi Kapolri, Ini Harta Kekayaan Idham Azis

Idham terakhir melaporkan harta kekayaanya pada Desember 2018 saat akan menjadi Kabareskrim Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR secara aklamasi menyetujui Komjen Idham Azis menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Menelisik harta Idham Azis melalui elhkpn.kpk.go.id, jenderal bintang tiga itu tercatat memiliki harta sebesar Rp 5,5 miliar.

Dalam laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diakses Liputan6.com pada Rabu (30/10/2019), Idham melaporkan hartanya pada Desember 2018 saat akan menjadi Kabareskrim Polri.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini tercatat memiliki sembilan bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Kota Depok dan Kendari. Seluruhnya, tanah dan bangunan yang dimiliki Idham senilai Rp 3.458.937.000.

Untuk harta bergerak, Idham tercatat memiliki alat transportasi, di antaranya Toyota Innova Venturer 2017 dan Toyota Kijang Innova 2016 senilai Rp 730 juta. Harta bergerak lainnya milik Idham yakni Rp 490 juta.

Sementara kas dan setara kas lainnya milik Idham Rp 834.871.813. Idham tercatat tak memiliki surat berharga. Dia juga tak disebutkan memiliki utang dalam laman tersebut. Sehingga, total harta milik Idham Azis senilai Rp 5.513.808.813.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disetujui Secara Aklamasi

Sebelumnya, Komisi III DPR RI telah menyetujui Komjen Idham Azis sebagai Kapolri yang baru secara aklamasi. Hal tersebut diambil berdasarkan keputusan masing-masing fraksi usai menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri.

“Seluruh fraksi aklamasi untuk menyetujui Komjen Idham Azis menjadi Kapolri. Yang mana sore ini keputusan tingkat pertama dan sore ini bersurat pada pimpinan DPR untuk besok diagendakan dalam rapat paripurna,” kata Ketua Komisi III Herman Herry, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

“Setuju?,” tanya Herman kepada anggota Komisi III.

Setelah semua anggota Komisi III setuju, Idham lantas mengucapkan syukur dan terima kasih.

“Terima kasih atas pelaksanaan proses uji kelayakan, dalam ruang mulia ini dan terhormat. Izin saya berikan komitmen melaksanakan tugas dengan baik dan tanggung jawab dengan slogan pengabdian terbaik untuk institusi Polri,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.