Sukses

Fakta Tawuran di Manggarai yang Ganggu Perjalanan KRL

Akibat dari peristiwa tersebut, sejumlah perjalanan kereta pun mengalami gangguan.

Liputan6.com, Jakarta - Tawuran antar warga kembali terjadi di kawasan Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Tawuran yang terjadi pada Selasa (29/10/2019) berakhir sekitar pukul 19.00 WIB.

Akibat dari peristiwa tersebut, sejumlah perjalanan kereta pun mengalami gangguan. Seperti halnya untuk perjalanan antarkota ataupun commuter line yang melintasi Stasiun Manggarai.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, para penumpang sudah cukup lama tertahan di Stasiun Sudirman. Beberapa di antara mereka memilih untuk menggunakan moda transportasi lain.

Bahkan diperkirakan lebih dari sebagai calon penumpang membatalkan menggunakan KRL karena menunggu terlalu lama.

PT KAI Daop 1 meminta maaf atas gangguan perjalanan kereta lintas Jakarta Kota - Manggarai dan sebaliknya.

Berikut sejumlah fakta terkait tawuran di kawasan Manggarai:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Saling Ejek di Media Sosial

Camat Tebet Dyan Airlangga mengatakan tawuran antarwarga bermula dari saling ejek di media sosial. Selanjutnya, mereka saling menembaki petasan.

"Iya mereka komunikasi lewat media sosial, ejek 'apa lu apa lu'. Mereka awalnya pakai petasan," kata Dyan di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Dyan mengaku, dirinya sempat menemui anak-anak yang tengah berkumpul di kawasan Manggarai Selasa sore. Dia juga sempat mengajak anak-anak tersebut pulang ke rumahnya karena hari mulai petang.

Ia mengungkapkan, tawuran antarwarga di kawasan Manggarai hari ini terjadi dua kali. Tawuran sempat pecah sekitar pukul 17.00 WIB

"Saya datang jam 5 sampai setengah 6 mereka kumpul. Tetap ada geng di medsos itu yang provokator, terus begitu sampai rumah pas Salat Magrib ternyata mereka tawuran lagi," kata Dyan.

3 dari 4 halaman

2. Perjalanan Kereta Terganggu

Perjalanan kereta lintas Manggarai sempat terganggu dan kembali normal pada pukul 19.37 WIB.

"PT KAI mengecam kejadian tawuran yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab yang menyebabkan terganggunya sejumlah layanan perjalanan KA," ujar KahumasPT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Selasa (29/10/2019).

Dia meminta seluruh masyarakat untuk dapat bekerjasama mengamankan perjalanan kereta dengan tidak beraktifitas disekitar jalur rel khususnya melakukan kegiatan yang membahayakan keselamatan dan kemananan perjalanan kereta.

4 dari 4 halaman

3. Sudah Berdamai

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnama mengatakan kedua belah pihak warga yang saling bertikai sudah sepakat untuk berdamai dan mengamankan warga di wilayahnya masing-masing.

Kesepakatan itu diperoleh dari hasil musyawarah yang dilakukan antara Muspika pascatawuran di Posko Terminal Manggarai.

Bastoni mengatakan pascatawuran seluruh aparat wilayah sudah bersepakat untuk menyelesaikan perselisihan agar tawuran tidak terjadi terus menerus.

"Tawuran itu hal yang memperburuk citra warga Menteng Tenggulun dan Manggarai, 2019 ini harus selesai, clear," kata Bastoni.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.