Sukses

Dikabarkan Menjadi Wantimpres, Jusuf Kalla: Saya Belum Tahu

JK mengaku belum ada pembicaraan dengan Presiden Jokowi terkait hal itu.

Liputan6.com, Jakarta - Usai pelantikan menteri dan wakil menteri, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan bakal segera mengumumkan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Berhembus kabar ada beberapa nama yang akan menjadi Wantimpres, di antaranya Wiranto, Yusril Ihza Mahendra, termasuk mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK.

Ditemui saat menghadiri acara Gerakan Satu Nusantara di gedung Lemhannas, JK sempat dilontarkan pertanyaan oleh awak media terkait isu tersebut. Namun, ia mengaku belum mengetahui akan hal tersebut.

"Nggak tahu saya, belum tahu," katanya di lokasi, Selasa (29/10/2019) malam.

Lalu, ketika ditanya apakah dirinya bersedia bila ditunjuk menjadi Wantimpres, JK mengaku belum ada pembicaraan dengan Jokowi terkait hal itu.

"Haha...haha... Belum dibicarakan. Ya belum kita bicarakan," jawab JK sembari tersenyum.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko memberikan gambaran terkait kriteria orang-orang yang akan ditunjuk menduduki posisi Wantimpres. Menurutnya, sosok yang akan masuk Wantimpres adalah mereka yang memiliki pengalaman dan pengetahuan luas.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diisi Kalangan Profesional

Katanya, Wantimpres nantinya akan lebih banyak diisi kalangan profesional ketimbang yang berlatar belakang parpol. Selain itu, Wantimpres juga tak hanya berpengalaman di bidangnya, tapi juga dikenal bijaksana.

"Komposisinya, Wantimpres mungkin akan kurang dari parpolnya ya, tapi lebih kepada pengalaman dan profesional," ujarnya usai menghadiri upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-91 di Kantor Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat.

Ditanya siapa saja nama-nama yang sudah dikantongi Presiden Jokowi, Moeldoko menolak untuk membocorkannya. "Belum, untuk nama, saya belum bisa menyampaikannya," kata Moeldoko.

 

Reporter: Ronald/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.