Sukses

Puan Maharani: Satu Kementerian Hanya Bermitra dengan Satu Komisi

Puan berharap dengan setiap komisi bermitra dengan satu kementerian maka DPR dapat memaksimalkan fungsi pengawasannya.

Liputan6.com, Jakarta - DPR periode 2019-2024 akan menyederhanakan hubungan antara kementerian dengan komisi-komisi di DPR. Pada periode sebelumnya ada satu kementerian yang bermitra dengan lebih dari satu komisi. Sementara pada masa kepemimpinan Puan Maharani dipastikan satu kementerian hanya bermitra dengan satu komisi di DPR RI.

"Alhamdulillah, kami berhasil menyusun satu kementerian bermitra dengan satu komisi sehingga nantinya komisi lebih fokus melakukan pengawasan terhadap kinerja kementerian," ujar Puan Maharani dalam keterangannya, Selasa (29/10/2019).

Pada periode kali ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hanya dibahas di komisi IV. "Semula dibahas di Komisi IV dan Komisi VII, sehingga sering lempar tanggung jawab, butuh energi dan waktu untuk koordinasi." katanya.

Puan berharap dengan setiap komisi bermitra dengan satu kementerian maka DPR dapat memaksimalkan fungsi pengawasannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disahkan di Rapat Paripurna

Kesepakatan satu komisi bermitra dengan satu kementerian tercapai dalam Rapat Konsultasi DPR Pengganti Bamus yang dihadiri pimpinan DPR dan seluruh pimpinan fraksi, Senin (28/10/2019). Kesepakatan ini akan disahkan dalam Rapat Paripurna Ke IV DPR RI siang hari ini.

Rapat Paripurna sekaligus akan mengesahkan 11 Komisi DPR RI beserta ruang lingkup dan tugasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.