Dampak Suhu Panas di Ngawi, Puluhan Orang Masuk Rumah Sakit

Dampak Suhu Panas di Ngawi, Puluhan Orang Masuk Rumah Sakit

Dampak cuaca panas sangat dirasakan warga Ngawi, Jawa Timur. Pada siang hari, suhu bisa mencapai 38 derajat Celcius. Puluhan orang, khususnya anak-anak terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena dehidrasi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (29/10/2019), aktivitas warga di siang hari terlihat sepi. Warga yang takut dehidrasi memilih istirahat dan mencari tempat yang teduh.

Akibat panasnya suhu udara, membuat puluhan orang khususnya anak-anak dirawat di Rumah Sakit Dokter Seoroto, Ngawi. Dari data yang ada, hampir 80 pasien khusunya anak-anak setiap hari masuk karena dehidrasi.

Tidak hanya dehidrasi, banyak pasien menderita flu, batuk, dan pilek, akibat terlalu banyak minum es karena cuaca panas.

Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi telah memerintahkan seluruh puskesmas dan rumah sakit untuk segera melakukan langkah antisipasi. Di antaranya dengan mensosialisasikan minum air putih dan banyak makan sayur serta buah.

"Untuk yang kuratif kita sampaikan untuk siaga temen-temen di puskesmas sampai ke rumah sakit manakala ada hal-hal yang perlu ditindaklanjuti kondisi-kondisi dehidrasi untuk pasien-pasien yang dehidrasi," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi Yudono.

Ringkasan

Oleh Karlina Sintia Dewi pada 29 October 2019, 13:20 WIB

Video Terkait

Spotlights