Sukses

Calon Kapolri Idham Azis Dinilai Punya Gaya Mirip Tito Karnavian

Penunjukan Komjen Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Jokowi kepada DPR berdasarkan Undang-Undang yang berlaku.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Kabareskrim Komjen Idham Azis menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Tito Karnavian. Diketahui, Tito pensiun diri sebagai Kapolri setelah ditunjuk Jokowi menjadi menteri dalam negeri.

Pengamat Kepolisian Institute for Security and Strategic Studies (ISEES) Bambang Rukminto, melihat Idham memiliki gaya yang mirip dengan Tito.

"Pak Idham Azis dari Bareskrim dan kebetulan juga pernah di Densus, ini mengikuti jejak dari Pak Tito, saya rasa dengan background yang seperti itu kebijakan-kebijakannya juga tidak akan pernah lepas dengan style yang sama dengan Pak Tito," kata Bambang saat dikonfirmasi, Senin (28/10/2019).

Dia menuturkan, ini bukan dalam artian buruk. Hanya ingin memastikan kebijakan Tito Karnavian yang baik bisa diteruskan.

"Ingin memastikan bahwa kebjikan-kebijakannya akan diteruskan oleh pengganti yang sesuai dengan style beliau (Tito)," ungkap Bambang.

Dia juga menuturkan, penunjukan Komjen Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Jokowi kepada DPR berdasarkan Undang-Undang yang berlaku. Menurutnya, DPR hanya melakukan fit and proper test terhadap calon Kapolri yang diserahkan presiden.

"Terkait dengan UU tahun 2002 pasal 11 itu tidak ada yang menyatakan presiden harus mengusulkan satu nama, DPR hanya setuju atau tidak setuju," tukasnya.

Seperti diketahui, Idham merupakan Wakil Kepala Densus 88 Anti Teror Polri pada tahun 2010. Jebolan Akpol 1988 ini merupakan perwira polisi yang cukup kenyang asam garam penanganan radikalisme dan terorisme, serta berulangkali memimpin kepolisian daerah seperti menjadi Kapolda Metro Jaya sebelum menjadi Kabareskrim.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.