Sukses

DPR Segera Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri Idham Azis

DPR menargetkan pembentukan Komisi III paling lambat besok Selasa 29 Oktober 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and propper test terhadap Komjen Idham Azis sebagai Kapolri menggantikan Tito Karnavian. Hari ini, pimpinan DPR membahas surat presiden (Surpres) terkait penunjukan Idham sebagai calon tunggal.

"Hari ini kita ada rapim untuk membahas Surpres Kapolri tersebut, dan kalau jadi besok setelah sore bamus akan diadakan rapat paripurna yang isinya antara lain akan menugaskan Komisi III untuk melakukan fit and proper test Kapolri," ujar Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Dasco mengatakan, komisi di DPR akan terbentuk paling lambat Selasa besok 29 Oktober 2019. Wakil Ketua DPR bidang Korpolhukam, Aziz Syamsuddin akan menetapkan anggota Komisi III dalam waktu dekat.

"Pak Aziz sebagai Ketua Bidang Korpolhukam sore atau besok akan menetapkan komisi," ucapnya.

Dasco menyebut, proses uji kelayakan dan kepatutan Kapolri tidak akan berjalan lama. Apalagi menurut dia, sosok Idham dari segi kapasitas dan angkatan memenuhi syarat sebagai Kapolri. Ditambah tidak ada penolakan terhadap penunjukan Idham.

"Saat ini ya saya belum melihat adanya penolakan pada sosok yang dikirim oleh presiden tersebut," kata Waketum Partai Gerindra itu.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.