Metro Sepekan: Mengenal 12 Tokoh yang Dipinang Jokowi Jadi Wakil Menteri

Oleh Lizsa EgehamAchmad SudarnoNafiysul QodarMaria Flora pada 28 Okt 2019, 07:32 WIB
Diperbarui 28 Okt 2019, 16:15 WIB
Jokowi Perkenalkan 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melantik 34 menteri dan empat pejabat setingkat menteri di Istana Negara, Rabu, 23 Oktober 2019. Banyak PR yang harus diselesaikan jajaran menteri Jokowi saat ini, yang sebelumnya belum dapat terlaksana di Kabinet Kerja Jokowi dan Jusuf Kalla. 

Berbeda dengan di periode pertama pemerintahannya, kali ini Jokowi juga melantik 12 wakil menteri yang akan mendukung kinerja para menteri Kabinet Indonesia Maju hingga 5 tahun ke depan. 

Sebelum melantiknya, Jokowi telah mengenalkannya ke publik Tanah Air. Siapa sajakah mereka? Di antaranya ada Mahendra Siregar, Sakti Wahyu Trenggono, Zainut Tauhid, Jerry Sambuaga, Budi Arie Setiadi, Surya Tjandra, dan Angela Tanoesudibjo.

Lantas, apa posisinya begitu dipinang Jokowi sebagai wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju? 

Sementara itu, mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tak pernah menduga dirinya akan didapuk sebagai Menteri Dalam Negeri di pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin. Sebelum dia dilantik menggantikan Tjahjo Kumolo, dia diminta datang ke Istana pada Senin, 20 Oktober 2019.

Saat itu, Tito menduga Presiden Jokowi akan membicarakan masalah keamanan terkait pelantikan. Setelah tahu dirinya akan menduduki jabatan baru, Jokowi mengirimkan surat ke DPR untuk memberhentikan Tito dari jabatan Kapolri.

Berikut ulasan berita-berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com selama sepekan lalu:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 5

Susunan Lengkap 12 Wakil Menteri Jokowi - Ma'ruf

Presiden Jokowi mengumumkan 12 nama wakil menteri di Istana, Jumat (25/10/2019)
Presiden Jokowi mengumumkan 12 nama wakil menteri di Istana, Jumat (25/10/2019) (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Presiden Joko Widodo memperkenalkan 12 nama wakil menteri yang akan membantu menteri Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sama halnya ketika memperkenalkan para menterinya, Jokowi mengumumkan para wakil menterinya dengan cara lesehan di anak tangga di dalam Istana, pada Jumat, 25 Oktober 2019.

Menurut Jokowi, profil wamennya sangat bagus dalam rangka memperkuat Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya Mahendra Siregar. Dia dipilih untuk membantu Menlu Retno Marsudi hingga 5 tahun ke depan. 

Mahendra sendiri sebenarnya sudah malang melintang di dunia politik dan pemerintahan. Lahir di Jakarta, 17 Oktober 1962, dia bersekolah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Setelah lulus, Mahendra berkarier di Departemen Luar Negeri.

Pada 2009, Mahendra ditunjuk oleh Presiden SBY sebagai wakil Menteri Perdagangan, mendampingi Mari Elka Pangestu.

Dua tahun kemudian, dia dipercaya kembali untuk menjabat posisi Wakil Menteri Keuangan pada tahun 2011.

Dari 12 wakil menteri yang dilantik Presiden Jokowi, ada sosok perempuan cantik yang mennyita perhatian publik. Di sana ada Angela Tanoesudibjo yang kini bertugas sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dia akan membantu Wishnutama yang didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Angela merupakan anak sulung dari pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo. Sang ayah adalah pengusaha yang juga Ketua Umum Partai Perindo.

Angela aktif di dunia profesional dengan merintis kariernya dari bawah. Pada 2008 sebelum lulus kuliah, ia telah menjadi salah satu pendiri dan Editor in Chief di HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine.

Usai menyelesaikan studinya, Angela kemudian menjabat sebagai staf keuangan MNC Group pada 2010.

3 of 5

Jokowi Berhentikan Tito Karnavian

Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberhentikan Jenderal Tito Karnavian dari jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Republik Indoneisa (Kapolri). Pemberhentian tersebut dilakukan melalui rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, Presiden Jokowi telah mengirimkan surat ke DPR untuk memberhentikan Tito dari jabatan Kapolri.

DPR sebelumnya menerima Surat Presiden nomor R15 tanggal 2 Oktober 2019 terkait permintaan persetujuan pemberhentian Tito dari jabatan Kapolri.

Diketahui berdasarkan undang-undang, pengangkatan dan pemberhentian jabatan Kapolri dilakukan oleh Presiden dengan persetujuan DPR.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjadi salah satu tokoh yang diundang Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/10/2019).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohamad Iqbal mengungkapkan bahwa pertemuan Tito dan Jokowi berlangsung satu jam. Iqbal menyebut bahwa Tito kemungkinan akan menduduki jabatan baru pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

4 of 5

Hujan Es dan Angin Kencang Melanda Bogor

Pohon tumbang di Bogor, Sabtu (26/10/2019). (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)
Pohon tumbang di Bogor, Sabtu (26/10/2019). (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

Meski tidak berlangsung lama, butiran es batu hingga sebesar biji jagung turun dari langit tak urung membuat warga Bogor, Jawa Barat, heboh.

Warga memunguti butiran es kendati suara petir menggelegar bercampur hentakan butiran mengenai genteng rumah mereka, sekitar pukul 15.15 WIB, Sabtu, 26 Oktober 2019. 

"Kita sempat mungutin butiran es yang masuk ke halaman rumah, terus langsung kita makan bareng-bareng anak-anak saya," kata seraya menyebut butiran es yang turun dari langit berkhasiat menyembuhkan penyakit.

Tak hanya hujan es, akibat hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon di beberapa daerah dilaporkan tumbang.

Data sementara yang berhasil dihimpun di lapangan, pohon yang tumbang terjadi di Jalan MV Sidik, Kelurahan Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan.

Kemudian pohon tumbang memutus kabel PLN di Jalan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal. Kejadian ini menyebabkan akses jalan menuju Jalan Soleh Iskandar tertutup.

Pohon tumbang juga terjadi di kawasan Pondok Rumput, Kecamatan Tanah Sareal. Pohon tumbang menyebabkan ruas jalan itu tertutup dan aliran listrik ke rumah warga padam.

Terakhir, pohon tumbang terjadi tepat disamping Terminal Bubulak, Kecamatan Bogor Barat. Pohon tumbang menyebabkan kabel listrik milik PT PLN terputus.

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓