Karnaval Jakarta Langit Biru Ukir Rekor Muri

Oleh Liputan6.com pada 28 Okt 2019, 01:21 WIB
Diperbarui 28 Okt 2019, 01:21 WIB
Anies Pimpin Karnaval Kendaraan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Karnaval Jakarta Langit Biru yang diinisiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Minggu (27/10/2019) menukir rekor di buku Museum Rekor Indonesia (Muri).

Rekor yang dicetak oleh Karnaval Jakarta Langit Biru adalah konvoi kendaraan listrik jenis terbanyak. Jumlah kendaraan listrik yang dihadirkan dalam karnaval tersebut adalah 414 unit dari berbagai jenis.

"Hari ini kami anugerahkan piagam penghargaan Museum Rekor Indonesia untuk konvoi kendaraan listrik jenis terbanyak yang pertama kalinya diselenggarakan di Nusantara ini dianugerahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujar CEO Muri, Jaya Suprana di Bundaran Senayan, Jakarta, Minggu.

Dilansir Antara, Jaya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta dan PT PLN karena telah mewujudkan impiannya yakni menghadirkan mobil listrik di jalanan ibu kota.

"Kepada Pak Gubernur terima kasih sekali, karena telah memenuhi impian saya, electric car. Terima kasih juga kepada PLN, karena tanpa PLN tidak mungkin terlaksana," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

3 Perhatian Utama PLN

Tiongkok Ciptakan Baterai Super untuk Mobil Listrik
Ilmuwan Tiongkok mengklaim berhasil mengembangkan baterai dengan kapasitas super, hanya perlu waktu pengecasan beberapa detik saja.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (IUD) Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, ada tiga hal yang menjadi perhatian utama PLN di Hari Listrik Nasional ke-74 yang jatuh pada Minggu 27 Oktober 2019.

Tiga hal itu adalah eco living, eco moving dan eco lifestyle. Hal itu disampaikan Ikhsan di kegiatan Karnaval Jakarta Langit Biru yang digelar di Bundaran Senayan.

"Pertama eco living bagaimana di rumah, rumah kita jadi ramah lingkungan, kita dorong penggunaan solar rooftop. Kedua, eco moving bagaimana kita bergerak menggunakan listrik seperti kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan dan efisien. Ketiga, eco lifestyle, kita tahu kehidupan kita pake listrik, kita dorong semuanya menggunakan energi listrik," kata Ikhsan.

Pada gilirannya, Anies berharap pemerintah segera merampungkan regulasi terkait penggunaan kendaraan listrik di jalan umum.

"Kita berharap kampanye ini membangun kesadaran masyarakat sekaligus juga harapannya regulasi-regulasi pemerintah yang terkait dengan kendaraan berbasis listrik bisa segera dituntaskan sehingga masyarakat bisa naik kendaraan berbasis listrik," kata Anies.

Harapannya dengan regulasi yang matang masyarakat akan terdorong menggunakan kendaraan listrik guna mengurangi tingkat polusi di Jakarta.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓