Sukses

5 Napi Rutan Wates Yogyakarta Kabur Lewat Selokan

Kepolisian telah melakukan olah TKP dan memburu napi yang masih kabur.

Liputan6.com, Jakarta - Lima narapidana (napi) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta melarikan diri pada Minggu sore (27/10/2019).

Kabagops Polres Kulon Progo Kompol Sudarmawan mengatakan, pihaknya menerima laporan dari Kepala Rutan Wates terkait adanya lima napi yang kabur sekitar pukul 15.30 WIB.

"Setelah mendapat laporan, kami langsung menerjunkan anggota untuk melakukan pengejaran. Saat ini, dari lima narapidana yang kabur sudah tiga berhasil ditangkap dan dua masih dalam pengejaran,” kata Sudarmawan.

Dilansir Antara, dua napi yang berhasil ditangkap yakni Taufikuraohman dan Pinasthi Bayu Setya Aji.

Keduanya berhasil ditangkap warga ketika kabur dan masuk di tengah perkampungan di Blumbang, Karangsari, atau sekitar lima kilometer dari Rutan Wates. Sementara satu napi lainnya belum diketahui identitasnya.

Sudarmawan mengatakan, kepolisian sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait peristiwa itu. Berdasarkan hasil olah TKP, para napi melarikan diri melalui saluran air. Selanjutnya mereka menjebol teralis dan naik dengan memanjat dinding.

"Polisi juga sudah melakukan olah TKP. Mereka kabur melalui selokan, kemudian menjebol teralis dan memanjat dinding dengan melompat kawat berduri,” katanya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pincang dan Terkapar

Warga Wates, Slamet mengaku melihat ada satu orang melompat dari Rutan Wates dan berjalan pincang. Dia kemudian lari ke arah sawah dan sesekali melihat ke belakang.

Selain itu ada dua orang lagi yang berada di bawah menara. Satu di antaranya terkapar. “Yang satu ini melihat temannya terkapar langsung kabur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan kasus ini sudah ditangani Polres Kulon Progo.

"Saat ini, tiga narapidana sudah ditangkap oleh Polres Kulon Progo. Kasus ini menjadi bahan evaluasi tentang pengamanan di Rutan Kelas IIB Wates," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.