Sukses

Muhammadiyah Dukung Pembangunan Museum Nabi Muhammad

Haedar Nasir menyambut baik rencana Dewan Masjid Indonesia untuk membangun museum Rasulullah di Cimanggis, Depok

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nashir berharap, pembangunan museum Rasulullah yang akan dibangun di Indonesia, akan menjadi sarana untuk memperkenalkan sejarah Rasulullah sebagai nabi akhir zaman.

Terutama Nabi Muhammad sebagai pembawa misi "rahmatan lil alamin" atau rahmat bagi semesta.

"Anak-anak millenial juga perlu dikenalkan perjalanan hidup Rasullullah yang kaya sejarah dan menjadi nabi di akhir zaman yang membawa misi rahmatan lil alamin," ujar Haedar Nasir usai menerima kunjungan Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia Syafruddin yang didampingi Sekjen PP DMI, Imam Addaruquthni di Gedung Suara Muhammadiyah, Yogyakarta, Minggu (27/10/2019).

Menurut Haedar Nasir, pembangunan museum merupakan satu langkah strategis dan sekaligus menyambung mata rantai sejarah Nabi Muhammad dalam rangka pembangun peradaban Islam ke depan.

"Jadi apa yang dilakukan DMI untuk membangun Museum sejarah Rasulullah, merupakan langkah yang sangat penting untuk Indonesia. Sebab, negeri yang memiliki penduduk mayoritas muslim punya dimensi kesejarahan yang perlu terus disambung, terutama buat generasi muda dan generasi millenial," ujar Haedar Nasir usai pertemuan.

Haedar Nasir menyambut baik rencana Dewan Masjid Indonesia untuk membangun museum Rasulullah di Cimanggis, Depok. Dia juga berharap, dengan adanya museum tersebut masyarakat Indonesia akan lebih mengenal sosok Rasulullah dan menjadikannya teladan.

Dalam upayanya membangun museum Rasulullah Wakil Ketua Umum DMI Syafruddin melakukan safari dengan ormas Islam dan tokoh-tokoh Islam untuk memberikan informasi mengenai rencana pembangunan Museum Sejarah Nabi Muhammad dan Peradaban Islam di Indonesia.

Sebelumnya, pada hari Jumat 25 Oktober 2019, Syafruddin sudah menemui Ketua Umum PBNU Aqil Siradj. Aqil juga menyambut baik rencana Dewan Masjid Indonesia untuk membangun museum Rasulullah di Cimanggis Depok.

Rencananya, Syafruddin juga akan bertemu dengan tokoh-tokoh agama nonmuslim lainnya karena museum tersebut juga akan menonjolkan sisi humanis Nabi Muhammad SAW dan bagaimana kehidupan Nabi Muhammad SAW tentang toleransi antar umat beragama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.