Sukses

5 Fakta Pelaksanaan Karnaval Jakarta Langit Biru Siang Nanti

Kegiatan karnaval Jakarta Langit Biru dilaksanakan pada Minggu (27/10/2019)

Liputan6.com, Jakarta - Karnaval Jakarta Langit Biru akan diselenggarakan hari ini Minggu (27/10/2019). Rencananya kegiatan yang diikuti oleh ratusan kendaraan listrik itu akan dimulai pukul 14.00-18.00 WIB.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah menyatakan karnaval kendaraan listrik tersebut rencananya berlangsung dalam jarak 10 kilometer dengan durasi kurang lebih 50 menit.

""Rute karnaval akan dimulai dari kawasan patung pemuda kemudian menuju Bundaran HI, Jakarta Pusat dan kembali lagi patung pemuda Jakarta Selatan," ucap Saefullah di Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).

Kendaraan yang ikut serta dalam kegiatan karnaval Jakarta Langit Biru meliputi sepeda motor, mobil, bus, hingga bajaj listrik.

Selain itu, karnaval tersebut sekaligus untuk memperingati hari listrik nasional ke 74 dan Sumpah Pemuda yang ke 91.

Berikut sejumlah fakta terkait penyelenggaran karnaval Jakarta Langit Biru yang telah dirangkum oleh Liputan6.com sebagai berikut:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Diikuti 470 Kendaraan Listrik

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menyebut, ada sekitar 470 kendaraan listrik yang berpartisipasi dalam kegiatan karnaval Jakarta Langit Biru pada Minggu 27 Oktober 2019.

"Ada 470 kendaraan, per hari ini baru ada 315 kendaraan yang mendaftarkan," kata Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).

Ratusan kendaraan listrik tersebut akan berlangsung di jarak 10 kilometer dengan durasi kurang lebih 50 menit. Lokasi yang digunakan mulai dari Patung Pemuda atau Bundaran Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia.

3 dari 6 halaman

Sambut Formula E 2020

Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menyatakan karnaval Jakarta Langit Biru yang berlangsung dari Patung Pemuda atau Bundaran Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia itu merupakan acara persiapan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E 2020.

Sementara itu, perhelatan balap mobil listrik itu rencananya diselenggarakan pada 6 Juni 2020. Penyelenggaraan ini akan berlangsung di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

4 dari 6 halaman

Kurangi Polusi Jakarta

Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar karnaval Jakarta Langit Biru, Minggu (27/10/2019) mendatang. Karnaval itu dilaksanakan dari Patung Pemuda atau Bundaran Senayan sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Kegiatan tersebut dihelat berdasarkan Intruksi Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Nomor 98 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Karnaval Jakarta Langit Biru.

"Dalam rangka mengampanyekan penggunaan kendaraan berbasis energi ramah lingkungan sebagai upaya mengurangi polusi udara di Kota Jakarta," demikian tertulis dalam Instruksi yang diterima Liputan6.com, Kamis (24/10/2019).

Instruksi itu juga meminta agar Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengatur parkir dan arus lalu lintas di lokasi kegiatan. Selain itu, Dishub juga diminta agar berkoordinasi dengan PT Transjakarta untuk menyiapkan kendaraan listrik.

5 dari 6 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan merekayasa lalu lintas di kawasan Patung Pemuda dan Bundaran Senayan hingga Hotel Indonesia. Hal tersebut karean bertepatan dengan adanya Karnaval Jakarta Langit Biru yang di mulai pukul 14.00-18.00 WIB.

"Akan dilakukan penutupan ruas jalan sekitar lokasi kegiatan," kata Kepala Dishub, Syafrin Liputo dalam siaran tertulis, Kamis (24/10/2019).

Berikut daftar penutupan jalan saat Karnaval Jakarta Langit Biru:

1. Ruas Jalan Sisingamangaraja Sisi Barat (dari simpang Jalan Sisingamangaraja — Jalan Raden Patah II sampai dengan Bunderan senayan)

2. Ruas Jalan Jenderal Sudirman Sisi Timur (dari simpang Jalan Sudirman — Jalan Senopati sampai dengan Bunderan Senayan)

3. Ruas Jalann Patimura ( dari simpang Jalan Patimura - Jalan Senopati sampai dengan Bunderan Senayan)

4. Ruas Jalan Hang Lekir I Sisi Utara (dari simpang Jalan Asia Afrika — Hang Kelir I sampai dengan Bunderan Senayan)

5. Ruas Simpang Jalan Hang Tuah 3, Jalan Pakubuwono VI, Jalan Hang Lekir 9 dengan Jalan Sisingamangaraja.

Berikut rute pengalihan arus lalu lintas, sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Sisingamangaraja yang akan menuju ke bunderan senayan dialihkan untuk belok kiri ke Jalan Hang Tuah VII

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Sudirman yang akan menuju Bunderan Senayan dialihkan belok kiri ke Jalan Senopati

3. Arus lalu lintas dari Jalan Patimura yang akan menuju Bunderan Senayan diarahkan untuk putar balik.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika yang akan menuju ke Bunderan Senayan dialihkan untuk belok kanan ke Jalan Hang Lekir I

5. Arus lalu lintas dari Jalan Hang Tuah 3, Jalan Pakubuwono 9, Jalan Hang Lekir 9 menuju ke Jalan Sisingamangaraja di arahkan untuk putar balik.

6 dari 6 halaman

Anggaran Sampai Rp 2,5 Milliar

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah menyatakan kegiatan karnaval Jakarta Langit Biru yang rencananya digelar pada Minggu, 27 Oktober 2019 menghabiskan dana sebesar Rp 2,5 Milliar.

"Ini dari CSR PLN Rp 2,5 Milliar, dari mereka semua. Kita membantu panggung dan lain-lain, kita nggak ada rupiahnya kecuali sarana dan prasarana," kata Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).

Dia menyatakan karnaval tersebut untuk mengkampanyekan kendaraan bertenaga ramah lingkungan. Sekaligus sebagai ajang untuk menyambut lomba balap mobil listrik atau Formula E 2020.

Sebanyak 470 kendaraan listrik direncanakan dihadirkan di karnaval yang berlangsung mulai pukul 14.00-18.00 WIB dari Patung Pemuda hingga Bundaran Hotel Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.