Sukses

Gempa Hari Ini Goyang Maluku dan Sukabumi

Baik Maluku dan Sukabumi, pusat gempa berada di darat. Belum ada laporan resmi dari BMKG terkait potensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa melanda dua wilayah Indonesia hari ini. Hal ini diungkap Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat laman resminya, Sabtu (26/10/2019). 

Hingga pukul 20.00 WIB, lindu pertama di Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, sementara gempa kedua terjadi di Sukabumi, Jawa Barat.

Ada dua kesamaan yang dimiliki masing-masing wilayah. Baik Maluku dan Sukabumi, pusat gempa berada di darat. Hingga kini belum ada laporan resmi dari BMKG terkait potensi tsunami.

Berikut  gempa hari ini yang bikin Maluku dan Sukabumi bergoyang: 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Kairatu, Maluku

Gempa pertama terjadi di Kecamatan Kairatu, Maluku. Menurut catatan BMKG, lindu terjadi siang hari tadi, sekitar pukul 11:00:34 WIB.

Sementara, pusat lindu dilaporkan terjadi di darat atau sekitar 4 kilometer timur Kairatu dengan kekuatan magnitudo 3,1.

Sedangkan titik koordinat gempa terletak pada 3,34 Lintang Selatan (LS) dan 128,39 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 kilometer.

3 dari 3 halaman

Gempa Sukabumi

Sore hari, gempa terjadi di wilayah Sukabumi. Lindu bermagnitudo 3,7 terjadi pada pukul 17:50:05 WIB.

Berdasarkan laman resminhya, BMKG mengungkap pusat gempa berada di darat atau sekitar 35 barat daya, Kota Sukabumi.

Sementara, koordinat titik gempa terletak pada 6,93 LS dan 106,61 BT dengan kedalaman 4 kilometer. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Maluku

  • Gempa Sukabumi