Sukses

Jokowi Diprediksi Bakal Reshuffle Kabinet Jilid 2 Kurang dari Setahun

Adi mengaku kaget dengan porsi susunan menteri dan wamen Jokowi. Apalagi dengan oposisi yang bergabung di kabinet Jokowi jilid dua.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman kabinet baru Presiden Jokowi-Maruf menuai pro kontra, termasuk dari kalangan pengamat politik. Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno mengatakan melihat struktur kabinet Indonesia Maju, maka reshuffle kabinet dapat dilakukan kurang dari satu tahun.

“Kalau lihat postur sekarang, saya kira satu tahun terlalu lama untuk reshuffle. Lihat portofolionya enggak lama ini akan reshuffle,” kata Adi pada diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Adi, beberapa pos Kementerian seperti Kemendikbud dan Kemenag harus bisa membuktikan kesuksesan apabila tidak mau direshuffle. Apalagi, Jokowi sudah mewanti-wanti sejak pidato pelantikan para menteri

“Mereka harus tunjukkan keberhasilannya dan dikloning di Kementerian, kalau tidak reshuffle,” ucapnya.

Selain itu, Adi mengaku kaget dengan porsi susunan menteri dan wamen Jokowi. Apalagi dengan oposisi yang bergabung di kabinet Jokowi jilid dua.

“Merasa aneh dan kaget. Jelang pembentukan kabinet semua kongsi atas nama kebersamaan, kalau gini ceritanya besok enggak usah pemilu dan ada Parpol. Pemilu tujuannya satu, memperoleh kekuasaan,” ujarnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelonggaran Rangkap Jabatan

Adanya kelonggaran Jokowi soal rangkap jabatan juga menurut Adi juga membuat banyak pihak kaget.

“Tidak lagi strick, tidak ada ladangan rangkap jabatan. Ada tiga ketum, apa ini terkait oposisi sudah lemah. Bisa dipastikan, Senayan itu all Jokowi man,” ucapnya.

Apabila maksud menarik Gerindra adalah untuk rekonsiliasi, Adi menganggap hal itu adalah rekonsiliasi setengah hati.

“Postur kebinet rekonsiliasi? Ini rekonsiliasi semu. Kalau takut oposisi membelot kenapa cuma Gerindra diajak?” ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.