Sukses

Mengapa Prabowo Tak Ikut Sambut Wamenhan Baru?

Prabowo memiliki agenda internal di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jakarta - Presiden Joko Widodo menunjuk Wahyu Sakti Trenggono (WST) sebagai wakil menteri pertahanan (Wamenhan). Mantan bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf itu ditugaskan untuk membantu Prabowo Subianto.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pun menggelar acara penyambutan Wamenhan baru itu di Aula Gedung Jenderal Soedirman, kompleks Kemenhan, Jalan Medan Merdeka Barat, kemarin, Jumat (25/10/2019).

Acara yang berlangsung dari pukul 15.30 WIB itu dipimpin oleh Sekjen Kemenhan Laksamana Madya TNI Agus Setiadji. Rangkaian acara hanya diisi dengan ramah-tamah antara Wamenhan dengan jajaran Kemenhan. Dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan Agus dan Trenggono.

Dalam sambutannya, Agus mengucapkan selamat kepada Trenggono karena ditunjuk menjadi Wamenhan. Dia yakin, kehadiran Trenggono akan memperkuat jajaran Kemenhan.

"Insyaallah dengan kehadiran bapak di Kemenhan akan semakin melengkapi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan aspek pertahanan di Kemenhan dan TNI," ujar Agus.

Agus juga menyinggung tentang ketidakhadiran Menhan Prabowo Subianto diacara penyambutan Trenggono itu. Menurutnya, Prabowo memiliki agenda internal di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari situ, Prabowo menginstruksikan pejabat Kemenhan menyambut Trenggono.

"Mohon maaf, tadi saya sudah mendapatkan arahan dari Menteri Pertahanan, karena Menhan ada acara, beliau langsung ke Hambalang, tetapi ke Kertanegara dulu. Namun, beliau (Prabowo) sangat bersyukur dan bangga," kata Agus.

Sementara, Trenggono bercerita awal dirinya ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Wamenhan. Meski begitu, dia mengaku siap melaksanakan tugas sebagai Wamenhan.

"Pak Jokowi meminta kepada saya untuk membenahi indsutri dan bisnis pertahanan dan saya diminta untuk berkerja sama dengan Pak Prabowo," kata Trenggono.

Simak berita Jawapos lainnya di sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Ngobrol

Sebelumnya, Trenggono juga sempat berbincang dengan Prabowo di Istana Negara, Jumat (25/10/2019). Usai pelantikan 12 wamen.

Dari obrolan singkat itu, Trenggono mengaku nyaman dengan kepribadian Prabowo. Sebab, kata dia, Prabowo berbicara dengan jelas dan terarah. "Saya dengan tadi bertemu beliau, nyaman. Nyaman. Enak sekali," ucap Trenggono.

Selain itu, kata Trenggono, Ketua Umum Gerindra Prabowo adalah sosok yang suka bercanda. Hal itulah yang membuatnya semakin nyaman dan yakin bisa berkoordinasi baik dengan atasanya.

"Seperti, beliau bilang begini, sambil bercanda. 'Sudah kamu kerja aku yang tidur'. Begitu. Artinya nyaman dan beliau percaya sama saya," ungkapnya.

Trenggono juga mengaku tidak merasa khawatir kerjanya sebagai Wamenhan menuai intervensi dari Prabowo Subianto. Ia mengaku sadar posisi dan tetap menghormati eks Danjen Kopassus tersebut.

"Tidak saya kira. Secara organisasi beliau (Prabowo) tetap atasan saya. Tidak boleh saya di bawahnya, lalu melompat. Namun, kalau saya menyampaikan ide, boleh," ungkap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.