Sukses

Alasan Jokowi Duetkan Airlangga Hartarto dan Sri Mulyani di Bidang Perekonomian

Menurut Jokowi, duet Sri Mulyani dan Airlangga dinilai mampu membuat tim ekonomi bekerja secara tim, di tengah perlambatan ekonomi global yang juga memberikan dampak terhadap ekonomi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mengungkap alasan ditrinya menduetkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai garda terdepan tim ekonomi.

Jokowi menganggap sosok Airlangga dan Sri Mulyani mengerti apa yang harus dilaksanakan saat ekonomi global penuh ketidakpastian seperti sekarang ini.

"Saya melihat duet antara Pak Airlangga sebagai Menko dengan Bu Sri sebagai Menteri Keuangan, duet ini sudah saling ngerti. Sudah saling tahu apa yang akan dikerjakan saat menghadapi tekanan tantangan eksternal ekonomi global yang tidak menentu, sulit diprediksi. Sehingga saling pengertian ini penting sekali untuk ke dalam kabinet kita ini," kata Jokowi di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Menurut Jokowi, duet Sri Mulyani dan Airlangga dinilai mampu membuat tim ekonomi bekerja secara tim, di tengah perlambatan ekonomi global yang juga memberikan dampak terhadap ekonomi Indonesia.

"Termasuk dengan menteri yang berkaitan dengan ekonomi yang lain. Juga bukan masalah fiskal, tapi masalah moneter, dengan Gubernur BI, Bapak OJK, dan seluruh jajarannya, ini karena sudah juga mereka saling tahu dan mengerti," tegas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuasai Kondisi Lapangan

Menurutnya, tim ekonomi kabinet Indonesia maju harus menguasai kondisi lapangan dan bisa berkonsolidasi. Sehingga, segala bentuk tantangan bisa dilalui bersama-sama.

"Kalau yang baru ini akan sulit dan saya melihat selama bekerja dengan menteri ekonomi yang ada selama ini saya melihat kompak, saya juga melihat cepat mengeksekusi kalau keadaan tertentu yang mendesak tetapi juga saya melihat memiliki kemampuan detil lapangan yang baik," kata Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.