Sukses

470 Kendaraan Ditargetkan Ikut Karnaval Jakarta Langit Biru

Karnaval Jakarta Langit Biru berlangsung dari Patung Pemuda atau Bundaran Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menyebut, ada sekitar 470 kendaraan listrik yang berpartisipasi dalam kegiatan karnaval Jakarta Langit Biru pada Minggu 27 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan mulai pukul 14.00-18.00 WIB. Sekda menyebut, karnaval itu sekaligus untuk memperingati hari listrik nasional ke 74 dan Sumpah Pemuda yang ke 91.

"Ada 470 kendaraan, per hari ini baru ada 315 kendaraan yang mendaftarkan," kata Saefullah di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).

Selain itu, dia menyebut karnaval Jakarta Langit Biru yang berlangsung dari Patung Pemuda atau Bundaran Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia itu merupakan acara persiapan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E 2020.

Ratusan kendaraan listrik tersebut akan berlangsung di jarak 10 kilometer dengan durasi kurang lebih 50 menit.

"Rute karnaval akan dimulai dari kawasan patung pemuda kemudian menuju Bundaran HI, Jakarta Pusat dan kembali lagi patung pemuda Jakarta Selatan," ucapnya.

Kendaraan yang ikut serta dalam kegiatan karnaval Jakarta Langit Biru meliputi sepeda motor, mobil, bus, hingga bajaj listrik.

Sementara itu, Executive VP PLN I Made Suprateka menyatakan kegiatan itu sekaligus untuk menggaungkan electric lifestyle, yaitu membangun gaya hidup berwawasan lingkungan menggunakan energi yang ramah lingkungan satu satunya yaitu listrik.

"Sehingga kita bisa mengurangi polusi yang ada di Jakarta ini. Lalu sudah banyak juga kendaraan lainnya secara pribadi yang bisa kita beli atau dengan alat-alat olahraga saja yang bisa kita gunakan untuk transportasi yang ramah lingkungan," kata Made.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Transjakarta Dialihkan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Karnaval Jakarta Langit Biru, Minggu 27 Oktober 2019. Transjakarta pada koridor 1 tetap beroperasi pada hari itu. 

"Saat berlangsungnya acara tersebut, bus Transjakarta Koridor 1 tetap beroperasi dengan rekayasa lalu lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam siaran tertulis, Kamis (24/10/2019).

Hanya saja, ada pengalihan rute selama Karnaval Jakarta Langit Biru.

Dia menjelaskan bus Transjakarta rute Blok M — Kota: setelah keluar Halte Masjid Agung, diarahkan untuk berbelok ke kiri di jalan Pakubuwono VI — Jalan Hang Lekir — Jalan Hang Lekir 1 - Asia Afrika — Jalan Pintu Satu Senayan — Jalan Sudirman (situasional).

Sedangkan rute Kota — Blok M: setelah keluar Halte Gelora Bung Karno, diarahkan untuk berbelok ke kiri ke Jalan Senopati — Jalan Patimura, belok kanan ke Jalan Trunojoyo — belok kiri ke Jalan Panglima Polim (situasional).

Karnaval Jakarta Langit Biru tersebut dilaksanakan dari Bundaran Senayan sampai Bundaran Hotel Indonesia, mulai pukul 11.00 sampai 20.00 WIB. Selain rute Transjakarta, Syafrin menyebut juga melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.