Sukses

Pesan Ketua DPR untuk Menteri dan Wamen Jokowi yang Baru Dilantik

Puan mengatakan, wakil menteri memiliki tugas yang penting dalam merealisasikan program-program pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 12 wakil menteri (Wamen) Kabinet Indonesia Maju di Istana Kepresidenan, Jumat (25/10/2019). Terkait hal itu, Ketua DPR Puan Maharani berpesan, agar wamen dan menteri Jokowi kompak dalam bertugas.

"Kalau keduanya kompak, separuh masalah di kementerian sudah terselesaikan," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Puan mengatakan, wakil menteri memiliki tugas yang penting dalam merealisasikan program-program pemerintah. Maka dari itu, diperlukan kerja sama yang baik antara menteri dan wakil menteri.

"Wakil menteri juga ikut memastikan program-program kerja ter-delivery dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan cara melakukan pengendalian dan pemantauan pelaksanaan tugas dan fungsi kementerian," ungkapnya.

Politikus PDI Perjuangan ini juga menegaskan lembaga yang ia pimpin siap menjadi mitra kerja kementerian. Dia memastikan pekan ini Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR akan segera terbentuk.

"Pekan ini personel alat-alat kelengkapan dewan insyaallah sudah terisi lengkap sehingga mereka bisa langsung bekerja," ucap Puan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

12 Wamen Jokowi

Seperti diketahui, Presiden Jokowi resmi melantik wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk mendukung pelaksanaan tugas para menterinya. Sebelum dilantik, Jokowi lebih dulu memperkenalkan 12 wakil menterinya itu.

"Saya dan Pak Wakil Presiden Ma'ruf Amin ingin mengenalkan wakil menteri yang telah dipilih yang tadi pagi satu per satu sudah bertemu yang akan memberi dukungan tugas menteri. Menurut saya profilnya sangat bagus dalam rangka memperkuat Kabinet Indonesia Maju," kata Jokowi di Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Sejak tadi pagi, sebanyak 12 wakil menteri ini sudah datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta untuk berbincang dengan Presiden Jokowi, mengenai tugas-tugas yang akan mereka emban dalam 5 tahun ke depan.

Berikut daftar wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju:

Wakil Menteri Luar Negeri: Mahendra Siregar

Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhid

Wakil Menteri Pertahanan: Wahyu Sakti Trenggono

Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat: John Wempi Wetipo

Wakil Menteri Lingkungan Hidup: Alue Dohong

Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi: Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN): Surya Tjandra

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN): Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.