Sukses

Begini Cara Pemkot Tangerang Hadapi Panas Ekstrem

Pemkot Tangerang mengembangkan teknologi yang dapat mengurangi suhu di dalam dan di luar ruangan.

Liputan6.com, Tangerang - Cuaca ekstrem yang melanda Provinsi Banten, terutama Kota Tangerang yang panasnya bisa mencapai 38 derajat Celsius, membuat Pemerintah Kota Tangerang mencari solusi untuk mempertahankan kualitas pembangunannya.

Bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia dan University of Florida, Pemkot Tangerang mengembangkan teknologi yang dapat mengurangi suhu di dalam dan di luar ruangan.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, teknologi yang sedang dikembangkan itu adalah Collroofs Project yang baru saja diluncurkan.

"Salah satu penelitiannya adalah di luar itu kemarin itu suhunya 32 derajat, tapi di dalam ruangan suhunya 34 derajat. Bahkan di Mayora, yang sedang diteliti itu di dalam kantin suhunya 40 derajat. Makanya setelah diimplementasi pengecatan Coolroofs ini dampak penurunannya seperti apa," tutur Arief.

Dalam hal ini, ucap Arief, peran Pemkot Tangerang hanya sebagai fasilitator yang menyediakan tempat untuk penelitian dan sumber daya manusia (SDM). Diharapkan dari implementasi Coolroofs, cat tembok yang dapat menurunkan suhu panas itu dapat meningkatkan kinerja pegawai dan pelajar.

"Kalau 40 derajat kan sumpek banget tuh, panas banget, enggak nyaman. Mudah-mudahan bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja juga," ucap Arief.

Pada kesempatan yang sama Wakil Rektor 4 UPI Didi Sukyadi menjelaskan cara kerja dari Coolroofs ini yakni memantulkan cahaya matahari ke udara, sehingga dapat meminimalisasi panas terik matahari untuk masuk ke dalam ruangan.

"Coolroofs adalah cat yang bisa merefleksikan cahaya matahari ke udara sehingga akan lebih adem di ruangan. Karena di Tangerang salah satu kota yang suhunya tinggi, banyak pabrik dan lain-lain sehingga suhunya bisa mencapai 40 derajat Celsius," terang Didi.

Bila Coolroofs berhasil diimplementasikan, maka masyarakat Tangerang tidak perlu dibebankan lagi untuk membeli pendingin ruangan atau AC.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Produktivitas

Senada dengan Arief, Didi mengatakan kalau dinginnya suhu ruangan di pabrik diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dari pekerja itu sendiri.

"Tidak hanya memasang cat tapi juga mengkaji hubungan antara pemasangan cat dengan penurunan suhu. Penurunan suhu kaitan enggak dengan siswa, semakin meningkat konsentrasi atau tidak? Kalau konsentrasi meningkat tentu kan hasil pembelajarannya akan bagus," papar Didi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.