Waspada Hawa Panas Landa Jakarta dan Yogyakarta

Oleh Maria Flora pada 25 Okt 2019, 13:27 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 13:27 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wilayah di Tanah Air tengah dilanda hawa panas. Kondisi ini sudah berdampak pada sejumlah aktivitas.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (25/10/2019), sudah beberapa hari terakhir hawa panas terasa di Ibu Kota, Jakarta.

BMKG bahkan mencatat, suhu udara sempat mencapat 39 derajat Celcius di wilayah Ciputat, Jakarta Selatan dalam kurun waktu beberapa hari terakhir. 

Selain posisi matahari yang berada di garis ekuator, minimnya pertumbuhan awan di daerah selatan dan embusan angin kering dari wilayah pasifik semakin membuat hawa panas kian terasa.  

Tak hanya di Ibu Kota, suhu panas belakangan juga dirasakan warga Yogyakarta. Temperatur udara bahkan bisa mencapai 36 derajat Celcius.  

BMKG setempat mengimbau masyarakat yang terdampak suhu udara panas untuk minum air putih yang cukup guna menghindari dehidrasi. Karena udara panas rentan memperparah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.  

Hawa panas melanda wilayah selatan katulistiwa, khususnya seperti Sumatera bagian selatan, Lampung, sebagian Pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.  

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya