3 Langkah Politik Gibran Maju Jadi Wali Kota Solo

Oleh Liputan6.com pada 25 Okt 2019, 17:38 WIB
Gibran Rakabuming

Liputan6.com, Jakarta - Putra pertama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, berkunjung ke kediaman Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Oktober kemarin. 

Gibran datang dengan didampingi Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Hasto mengatakan pertemuan tersebut untuk silaturahmi dan tidak bertujuan membahas Pilkada Kota Solo.

Diketahui, suami dari Selvi Ananda ini telah resmi menjadi anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sejak Senin, 23 September 2019. Gibran pun mengakui kedatangannya saat itu untuk mengurus formulir pendaftaran sebagai bakal calon Wali Kota Solo melalui PDIP. 

Kenapa PDIP? Menurut ayah dari Jan Ethes ini, partai besutan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri memiliki sudut pandang yang sama dengan dirinya.

"Partai PDIP itu sesuai dengan ideologi saya," ucap Gibran. 

Berikut sejumlah langkah politik putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk maju menjadi calon Wali Kota Solo: 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 5

1. Membawa Gudeg untuk Megawati

Gibran Rakabuming
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka tiba untuk melakukan pertemuan tertutup di kediaman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Kedatangan Gibran Rakabuming dalam rangka bersilaturahmi dengan Megawati Soekarnoputri. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pada kunjungan ini, Gibran tak datang dengan tangan kosong. Dia membawakan Megawati makanan khas Yogyakarta, gudeg.

Menyusul Gibran masuk ke rumah Megawati, stafnya mengikuti dengan membawa sejumlah bungkusan makanan. Salah satunya dengan kotak bertuliskan 'Gudeg Kendhil'.

Ada hal menarik dari penampilan Gibran saat berkunjung ke kediaman Megawati, Kamis siang, 24 Oktober kemarin. 

Dia memakai baju yang bercorak gambar sejumlah pahlawan nasional, seperti Bung Karno, Bung Hatta, dan Jenderal Sudirman. Juga tertulis "Indonesia Raya" pada bagian depannya.

3 of 5

2. Sowan ke Para Petinggi PDIP

Gibran Rakabuming
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka didampingi Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan kepadaa awak media usai melakukan pertemuan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis (24/10/2019). (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelum bertemu Megawati, bos Markobar ini mengaku telah sowan ke sejumlah petinggi PDIP. Di antarannya ke Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo dan ke senior-senior PDIP. 

Dia menuturkan, banyak hal yang dibicarakan. Salah satunya soal keadaan Solo hari ini.

Gibran tak menepis juga membicarakan soal keinginannya untuk maju. Meskipun, tak menjelaskan bagaimana respons Megawati.

"Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju," pungkas Gibran.

"Di Solo kan saya sudah mengambil KTA PDIP, ya sudah sewajarnya saya sowan dan silaturahmi ke senior-senior, petinggi-petinggi PDIP," jelasnya, Kamis, 23 Oktober 2019. 

 

4 of 5

3. Maju di Pilkada Solo Melalui PDIP

Gibran Rakabuming
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan seusai bertemu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Kedatangan Gibran menyampaikan ihwal niat maju dalam pencalonan Wali Kota Solo melalui jalur partai. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pertemuan Gibran dan Megawati di kediman sang Ketua Umum DPIP berlangsung tertutup. Pada pertemuan itu, dia menjelaskan tidak akan maju melalui jalur independen dalam Pilkada Solo 2020.

"Saya sampaikan juga bahwa, karena saya punya KTA PDIP, saya sampaikan ke Ibu Mega, saya tidak akan maju lewat independen seperti dikatakan di Solo kemarin. Itu tidak benar," kata Gibran Rakabuming Raka usai bertemu dengan Megawati, Jakarta, Kams kemarin. 

Dia pun menepis pernah mengatakan bahwa akan maju lewat jalur independen.

"Jadi saya tidak pernah berkata kepada siapapun, di manapun, kalau saya akan maju lewat independen," ungkap Gibran.

Gibran Rakabuming Raka menuturkan, akan berjuang melalui PDIP karena sudah resmi menjadi anggota partai tersebut.

"Saya sudah punya KTA PDIP. Saya akan berjuang melalui PDIP," kata dia.

 

 (Reynaldi Hasan)

5 of 5

Saksikan Video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓