Mendagri Tito Bertolak ke Papua Persiapkan Kunjungan Jokowi

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 25 Okt 2019, 10:32 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 11:17 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian

Liputan6.com, Jakarta - Hari ketiga Tito Karnavian menduduki jabatan barunya sebagai Menteri Dalam Negeri, mantan Kapolri itu ditugaskan berangkat ke Papua, Jumat (25/10/2019).

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan, Tito bertolak ke Papua untuk mempersiapkan kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke provinsi itu.

"Beliau ke Papua. Besok kan Bapak Presiden ke Papua," kata Hadi kepada Liputan6.com, Jumat (25/10/2019).

Soal perihal kehadiran Tito ke sana, dia menuturkan memang sudah menjadi tupoksinya.

"Kan sebagai Mendagri terkait memantapkan penyelenggaraan pemerintahan daerah, khususnya pelayanan publik," pungkas Hadi.

2 of 3

Paling Tahu Lapangan

Sejak awal Tito memang sudah diagendakan bertolak ke Bumi Cenderawasih di hari-hari pertama bekerja sebagai Mendagri. Hal itu diutarakan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo. Agenda Tito ke Papua, lanjutnya, tak lepas dari soal keamanan dan Mendagri akan berada di sana hingga Senin mendatang.

Tito, kata Hadi, punya latar belakang mumpuni menangani keamanan di Papua. Sebab sebelum menjabat Mendagri, Tito pernah melaksanakan operasi bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menangani konflik Papua.

"Beliau pertama mantan Kapolda (Papua), mantan Kapolri, otomatis dia yang tahu lapangan," ujar Hadi.

Selama di Papua, Tito bakal didampingi Plt Kapolri Komjen Ari Dono Sukamto. Selain itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga dijadwalkan turut mendampingi kehadiran Jokowi.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓