Jelang Pelantikan Wakil Menteri, Ketum Projo Dipanggil Jokowi ke Istana

Oleh Lizsa Egeham pada 25 Okt 2019, 08:55 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 21:16 WIB
Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta, Jumat (25/10/2019). Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi mengakui dipanggil Jokowi ke Istana.

"Iya, saya dipanggil oleh Pak Presiden Jokowi ke Istana," ujar Budi saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (25/10/2019).

Dia mengaku belum mengetahui pemanggilan tersebut apakah berkaitan dengan pelantikan wakil menteri. Namun apabila nantinya ditunjuk oleh Jokowi sebagai menteri, Budi mengatakan siap.

"Kita kan tergantung tugas yang diberikan Presiden," ucap Budi.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan susunan wakil menteri sudah rampung dan akan segera diumumkan dalam waktu dekat. Wakil menteri terserap dari kalangan partai politik dan profesional.

"Jadi, sebetulnya sudah selesai wamen ini. Ada yang dari partai, ada yang dari profesional," kata Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

 

2 of 3

Miliki Kompetensi

Sambil Lesehan, Jokowi Kenalkan Menteri Kabinet Indonesia Maju
Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin foto bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju usai memperkenalkan mereka di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Kabinet Indonesia Maju akan membantu Jokowi-Ma'ruf pada periode 2019-2024. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Jokowi enggan menjelaskan lebih lanjut saat ditanya berapa wamen yang akan dilantik. Mantan Wali Kota Solo itu memastikan bahwa wamen yang dilantik memiliki kompetensi yang mendukung kerja para menteri.

"Misalnya di BUMN, kalau memang menterinya membutuhkan wamen ada 3, dan itu diperlukan, kita tahu, BUMN kita ada 140-an," jelas dia.

Menteri BUMN Erick Thohir mengajukan tiga hingga empat nama wakil menteri ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Erick membenarkan bahwa salah satu calon, yakni Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjoyo.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓