Top 3 News: Menteri Jokowi yang Tak Lagi di Barisan Kabinet Indonesia Maju

Oleh Liputan6.comMuhammad Radityo PriyasmoroNanda Perdana PutraMaria Flora pada 25 Okt 2019, 07:15 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 08:18 WIB
Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memilih menteri-menterinya. Sebagian diisi kembali oleh wajah-wajah lama di Kabinet Kerja periode pertama, lainnya adalah wajah baru.

Total ada 34 menteri dan empat pejabat setingkat menteri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 yang telah dilantik Jokowi, Rabu, 23 Oktober kemarin. 

Kepada para menteri barunya, Jokowi menegaskan bahwa dalam bekerja tak ada visi misi menteri, yang ada hanyalah visi misi Presiden dan Wakil Presiden. 

Lantas, siapa sajakah menteri Jokowi yang tak lagi dipilih untuk duduk di Kabinet Indonesia Maju?

Sementara itu, satu wajah baru yang kini menjadi menteri Jokowi adalah Prabowo Subianto. Dia dipercaya sebagai Menteri Pertahanan menggantikan Ryamizard Ryacudu.

Prabowo disambut dengan upacara militer saat mulai menempati kantor barunya di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Oktober 2019.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Kamis, 24 Oktober 2019:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 5

1. Deretan Mantan Menteri yang Tergusur Tak Masuk Kabinet Indonesia Maju

Sambil Lesehan, Jokowi Kenalkan Menteri Kabinet Indonesia Maju
Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin foto bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju usai memperkenalkan mereka di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Kabinet Indonesia Maju akan membantu Jokowi-Ma'ruf pada periode 2019-2024. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin sudah resmi melantik 34 menteri dan empat pejabat setingkat menteri di Kabinet Indonesia Maju pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Usai dilantik, para menteri ini pun ada yang langsung melakukan serah terima jabatan (sertijab) dengan menteri sebelumnya.

Dari 34 menteri tersebut, cukup banyak wajah-wajah baru yang mengisi kabinet Jokowi di periode keduanya. Salah satu wajah baru yang mengisi Kabinet Indonesia Maju adalah Prabowo Subianto.

Prabowo menempati kursi Menteri Pertahanan menggantikan Ryamizard Ryacudu yang harus lengser dari kabinet. Lantas, siapakah para menteri lainnya yang tidak terpilih kembali?

 

Selengkapnya...

3 of 5

2. Tiba di Kantor Kementerian Pertahanan, Prabowo Disambut Upacara Militer

Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memeriksa barisan pasukan kehormatan saat upacara penyambutan di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Prabowo disambut upacara militer sebelum serah-terima jabatan (sertijab) Menteri Pertahanan dari Ryamizard Ryacudu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tiba di Kantornya. Dia mendapat sambutan dengan upacara militer di kantor barunya itu.

Pantauan Liputan6.com, Ketua Umum Partai Gerindra itu tiba pukul 14.05 WIB dengan setelan formal berjas, berdasi dan berpeci.

Berjalan di karpet merah, Prabowo langsung menuju podium utama tempat apel pasukan yang lengkap dengan masing-masing matranya, darat, laut, dan udara.

"Hormat senjata, grak!," seru komandan upacara di lapangan utama Kantor Kemenhan, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2019).

 

Selengkapnya...

4 of 5

3. Dokter Terawan Jadi Menteri, Jokowi Beri Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Terawan
Dokter Terawan (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada dokter Terawan Agus Putranto. Hal itu tertuang dalam surat Keputusan Presiden RI dengan nomor 87/TNI/Tahun 2019.

Dalam surat tersebut, tertulis "Menganugerahkan Kenaikan Pangkat Luar Biasa Operasi Militer Selain Perang, satu tingkat lebih tinggi kepada Perwira Tinggi Tentara Nasional Indonesia dari Mayor Jendral TNI menjadi Letnan Jendral TNI atas nama Mayjen TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) RI NRP 32512, terhitung mulai tanggal ditetapkan Keputusan Presiden ini".

Surat itu ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 17 Oktober 2019. Artinya, dokter Terawan naik pangkat menjadi Letjen sebelum dilantik sebagai Menteri Kesehatan (Menkes).

 

Selengkapnya...

5 of 5

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓