Kominfo Siapkan Infrastruktur Smart City di Ibu Kota Baru

Oleh Liputan6.com pada 25 Okt 2019, 04:17 WIB
Diperbarui 26 Okt 2019, 08:15 WIB
Johnny G Plate

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika yang baru dilantik Johnny G Plate menyatakan akan menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Ibu kota baru nanti harus smart city, karena itu basis infrastruktur teknologinya harus betul-betul kuat, harus disiapkan," kata Johnny di Kominfo, Kamis (24/10/2019).

Kominfo menjanjikan akan membangun infrastruktur telekomunikasi digital yang baik dan besar untuk mendukung konsep smart city di Ibu Kota baru di Kalimantan.

Johnny menyetujui konsep smart city pada ibu kota baru di Kalimantan Timur karena smart city merupakan basis ibu kota modern.

"Apalagi dilengkapi dengan ibu kota yang hijau atau Forest City," kata Johnny seperti dikutip dari Antara.

2 of 3

Tetapkan Ibu Kota Baru

Presiden Joko Widodo, menjelang akhir masa jabatannya di periode pertama, pada Agustus lalu menetapkan ibu kota baru Indonesia akan berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegegara.

Kalimantan Timur terpilih sebagai ibu kota baru karena memenuhi sejumlah kriteria kebutuhan kawasan ibu kota. Yaitu minim risiko bencana, lokasi strategis di tengah Indonesia dan berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang, Balikpapan dan Samarinda.

Kalimantan Timur juga memiliki infrastruktur yang lengkap dan tersedia lahan yang dikuasai pemerintah seluas 180 ribu hektar.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by