Sukses

PDIP: Relawan Tak Bisa Ikut Campur Pemilihan Menteri

Namun, lanjut Hasto, pihaknya tak melupakan kontribusi para relawan.

Liputan6.com, Jakarta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, relawan tak bisa ikut campur tangan dalam urusan penunjukan menteri yang menjadi hak prerogatif presiden. Dia mengatakan relawan memiliki semangat dengan sadar membantu Jokowi dalam Pilpres. Setelah berhasil mengantarkan Jokowi menang, menurutnya membubarkan diri.

"Ketika Pak Jokowi sudah terpilih dan kemudian puncaknya adalah pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di MPR, kemudian membentuk kabinet, ya sekiranya relawan kemudian membubarkan diri. Tentu saja kami memberikan apresiasi atas seluruh kerja dari Projo dan itu keputusan yang kami juga tidak bisa campur tangan terhadap hal tersebut," jelasnya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Namun, lanjut Hasto, pihaknya tak melupakan kontribusi para relawan. Pihaknya mencatat peran seluruh relawan dalam memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf. Para relawan ini menggarap segmen khusus dan juga bergerak melalui media sosial sampai pintu ke pintu untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf.

"PDIP juga berdialog dengan relawan. Ada relawan yang terus memantapkan organisasinya di dalam jalur kemasyarakatan, ada yang kemudian juga membubarkan diri. Itu suatu hal yang biasa," kata Hasto.

Jokowi menurutnya tak bisa menyenangkan semua pihak. Hasto mengatakan Jokowi bukan seperti penjual es krim yang selalu terasa enak dan manis.

"Tugas Pak Jokowi adalah membawa kemajuan bagi bangsa ini. Tugas Pak Jokowi menciptakan kemakmuran dan keadilan melalui gerak kolektif pemerintahan yang didukung oleh semua jajaran birokrasi, seluruh jajaran politik, seluruh rakyat Indonesia," tutupnya.

Relawan Pro Jokowi atau Projo membubarkan diri karena merasa kecewa Presiden Joko Widodo menunjuk Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju. Padahal sebelumnya Jokowi dan Prabowo merupakan rival sengit dalam Pilpres 2014 dan 2019.

Reporter: Hari Ariyanti

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.