Sukses

Asal Usul Munculnya Singkatan ST di Nama Jaksa Agung Baru Jokowi

Penunjukan ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung dilakukan di detik-detik akhir jelang pengumuman Kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com, Jakarta - ST Burhanuddin resmi dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Jaksa Agung di Kabinet Indonesia Maju. Burhanuddin ditunjuk memimpin korps Adhyaksa menggantikan HM Prasetyo.

Penunjukan adik politikus PDIP TB Hasanuddin sebagai orang nomor satu di Kejaksaan Agung itu dilakukan di detik-detik akhir jelang pengumuman Kabinet Indonesia Maju. Tak seperti anggota kabinet lainnya yang lebih dulu menghadap Jokowi di Istana.

Munculnya Burhanuddin yang bukan orang parpol di detik-detik akhir pengumuman kabinet Jokowi cukup mencuri perhatian publik. Tak terkecuali singkatan di depan namanya. Sebab saat diumumkan, Jokowi tidak menyebut kepanjangan ST di depan nama Burhanuddin.

Burhanuddin pun menjelaskan apa singkatan dari ST. Ia mengatakan ST itu adalah namanya sendiri yakni Sanitiar Burhanuddin.

Munculnya singkatan itu saat ia duduk di sekolah dasar (SD). Oleh Gurunya, nama Sanitiar disingkat menjadi ST dan sampai sekarang namanya melekat menjadi ST Burhanuddin.

"Sanitiar, nama saya itu Sanitiar Burhanuddin. Oleh guru SD saya dalam penulisan ijazah disingkat jadi ST. Saya juga mau gimana udah tahunya udah gede, loh kok jadi ST," kata Burhanuddin kepada merdeka.com usai Sertijab di Kejaksaan Agung, Rabu (23/10/2019).

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.