Deretan Jenderal TNI dan Polri Ini Dipilih Jadi Menteri Jokowi

Oleh Devira Prastiwi pada 23 Okt 2019, 17:01 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 09:14 WIB
Pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengumumkan nama-nama menteri untuk duduk dalam Kabinet Indonesia Maju.

Menteri pilihan Jokowi berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari profesional, pengusaha, hingga kader partai politik.

Tak hanya itu, ada juga kalangan TNI dan Polri yang dipilih Jokowi-Ma'ruf Amin untuk mendampinginya bekerja. Salah satunya adalah masuknya Prabowo Subianto. Ia bukan hanya dari kalangan partai politik, tapi juga purnawirawan TNI.

Selain Prabowo, ada pula dari kalangan Polri. Lalu, siapa sajakah jajaran TNI Polri yang masuk dalam jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju?

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 8

Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut Binsar Pandjaitan dan istri di Istana Kepresidenan
Luhut Binsar Pandjaitan dan istri di Istana Kepresidenan. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Presiden Jokowi kembali menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Luhut merupakan purnawirawan jenderal TNI AD. Dia wajah lama di pemerintahan Jokowi. Sebelumnya Luhut menempati pos yang sama dalam kabinet Jokowi-JK.

 

3 of 8

Moeldoko

Moeldoko, Tjahjo Kumolo dan Bambang Brodjonegoro Merapat ke Istana
Kepala Staf Kepresidenan periode lalu, Moeldoko menyapa awak media saat tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). Kedatangan Moeldoko menyusul sejumlah tokoh yang sebelumnya datang ke Istana terkait penetapan Calon Menteri Kabinet Kerja Jilid 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kalangan TNI yang masuk dalam pemerintahan Jokowi periode kedua adalah Moeldoko. Purnawirawan Jenderal TNI AD ini merupakan Panglima TNI pada 2013 hingga 2015.

Sama seperti Luhut Binsar Panjaitan, Moeldoko juga merupakan wajah lama dalam kabinet Jokowi.

Pada periode pertama Kabinet Kerja Jokowi, dia dipercaya sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Di periode kedua Moeldoko masih dipercaya menjadi Kepala Staf Kepresidenan.

 

4 of 8

Terawan Agus Putranto

dr Terawan Agus Putranto
Kepala RSPAD dr Terawan Agus Putranto meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Kedatangan dr Terawan ini menyusul sejumlah tokoh sebelumnya yang berdatangan ke Istana sejak Senin kemarin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selanjutnya, menteri Jokowi dari kalangan TNI Terawan Agus Putranto. Terawan ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan.

Sebelumnya dia sebagai Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Soebroto. Pangkat terakhir Terawan di TNI adalah mayor jenderal.

 

5 of 8

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berjalan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Prabowo Subianto tiba di Istana di tengah suasana pengumuman calon menteri kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lalu, ada juga Prabowo Subianto menteri Jokowi yang berasal dari TNI. Purnawirawan Letjen TNI AD ini terakhir menjabat sebagai Pangkostrad pada 1998.

Pada periode kedua pemerintahan Jokowi, Prabowo ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan. Sebelumnya, Prabowo merupakan oposisi pemerintahan.

 

6 of 8

Fachrul Razi

Fachrul Razi
Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Begitu tiba, politisi Partai Golkar ini menyapa para pewarta yang telah menanti kedatangan para calon menteri Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian ada Fachrul Razi, menteri Jokowi yang berasal dari TNI. Purnawirawan jenderal TNI AD ini merupakan mantan Wakil Panglima TNI pada 1999-2000.

Saat ini dia telah pensiun dari TNI. Pada periode kedua pemerintahan Jokowi, Fachrul ditunjuk sebagai Menteri Agama.

 

7 of 8

Tito Karnavian

Bahas Anggaran, Kapolri Tito Karnavian Raker Dengan Komisi III DPR
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengikuti raker dengan Komisi III DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/6). Rapat membahas Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dari kalangan Polri, Presiden Jokowi memilih Jenderal Tito Karnavian. Sebelum ditunjuk sebagai menteri, Tito menjabat sebagai Kapolri.

Dia kemudian mengundurkan diri dari posisi Kapolri karena dipilih menjadi Menteri Dalam Negeri.

 

Reporter : Desi Aditia Ningrum

Sumber : Merdeka

8 of 8

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓