Profil Mahfud MD, Menko Polhukam Sipil Pertama

Oleh Lizsa Egeham pada 23 Okt 2019, 14:02 WIB
Diperbarui 24 Okt 2019, 18:15 WIB
Mahfud MD

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) 2019-2024. Hal ini menjadikan Mahfud Menko Polhukam pertama yang berasal dari sipil.

Mahfud sendiri mengaku juga baru mengetahuinya setelah dikirimi ucapan selamat oleh AM Hendropriyono. Kendati begitu, dia tak menjadikan hal itu sebagai beban.

"Saya baru sadar juga tadi malem pak AM Hendropriyono kirim pesan ke sana, (isinya) selamat atas adinda telah diangkat sebagai Menko Polhukam sipil murni pertama sepanjang sejarah Republik. Saya baru tahu itu kok saya orang sipil pertama," ujar Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu yakin akan cepat beradaptasi dengan cara kerja Menko Polhukum. Khususnya, soal mengkoordinasikan penegakan hukum sehingga tak mengecewakan masyarakat.

"Ada soal pemberantasan korupsi, lalu ada deradikalisasi. Itu yang menyangkut ideologi," katanya.

Sebagai informasi, sebelum Mahfud jabatan Menko Polhukam diemban oleh Jenderal (Purn) Wiranto. Wiranto pernah menjabat Panglima TNI periode 1998-1999.

Sementara saat era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Menko Polhukam dijabat oleh Marsekal Djoko Suyanto. Ia juga pernah menjabat sebagai Panglima TNI 2006-2007.

Meski tak punya latar belakang militer, Mahfud merupakan Ahli Tata Negara dan anggota Dewan Pengarah BPIP. Jokowi sendiri sering meminta pendapat Mahfud soal permasalahan hukum di Indonesia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS