Sukses

Nadiem Makarim Jadi Mendikbud, PKS: Ini Gambling

Dia mengapresiasi diambilnya nama-nama profesional yang sangat jauh dari dunia politik.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi memuji formasi kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia mengapresiasi diambilnya nama-nama profesional yang sangat jauh dari dunia politik.

Di antaranya adalah penunjukan dokter Terawan sebagai Menteri Kesehatan, Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, dan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.

"Bisa jadi banyak ide besar dan kreatif yang mereka bawa untuk mengembangkan kementerian. Saya kira ini adalah langkah berani dari Presiden yang bisa membawa harapan baru bagi masyarakat," kata Aboe Bakar, Rabu (23/11/2019).

PKS juga memuji menteri petahana yang selama ini memang diakui kemampuannya mengelola kementerian. Seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Nama-nama tersebut pasti tidak akan diragukan oleh publik, karena selama ini dinilai memiliki kinerja yang baik," kata dia.

Meski demikian, Aboe Bakar menyoroti figur yang terlihat asing pada pos kementerian yang ditugaskan, yaitu Bos Gojek Nadiem Makarim yang diberikan tugas sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut dia, publik bakal bertanya latar belakang penunjukan pebisnis sebagai menteri pendidikan.

"Tentu saya tidak meragukan kemampuan Mas Nadiem Makarim dalam mengelola bisnis, tapi tak salah juga jika saya mengkhawatirkan nasib dunia pendidikan kita ke depan," ujarnya.

"Ini akan dilihat seperti ada gambling pada dunia pendidikan kita. Padahal, ini adalah sektor yang sangat menentukan masa depan bangsa," pungkas Aboe Bakar. 

Reporter: M Genantan Saputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.