Sukses

Top 3 News: Menebak Jabatan Baru Tito Karnavian dari Jokowi

Top 3 News, Tito Karnavian mengaku saat dirinya dipanggil ke Istana, dia menduga Presiden Jokowi akan membicarakan masalah keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, kedatangan Kapolri Jenderal Tito Karnavian ke Istana Kepresidenan, Senin, 21 Oktober 2019, sempat memunculkan rasa penasaran publik Tanah Air.

Seperti diketahui pascadilantik, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil sejumlah tokoh yang digadang-gadang akan menjadi calon menterinya bersama Wapres Ma'ruf Amin.

Saat itu Tito menduga dirinya diminta datang membicarakan masalah keamanan. Namun, belakangan terungkap, pemanggilan tersebut terkait menduduki jabatan baru pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin hingga periode 2024.

Karena akan segera mengembang tugas baru, Presiden Jokowi memberhentikan Jenderal Tito Karnavian dari jabatannya sebagai Kapolri melalui surat yang dikirim kepada DPR.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan ada sejumlah nama dari calon menteri Jokowi yang menjadi saksi dalam kasus korupsi.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, nama yang diduga terseret kasus korupsi adalah politikus Golkar Zainudin Amali, Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar yang juga kakak dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dan politikus PKB Ida Fauziah.

Sebelumnya, pada pemilihan Kabinet Kerja Jilid I, Jokowi melibatkan KPK dalam proses pemilihan. Sedangkan kali ini, tidak. Terkait hal tersebut, Febri enggan memberi tanggapan.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 22 Oktober 2019:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi Berhentikan Tito Karnavian dari Jabatan Kapolri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberhentikan Jenderal Tito Karnavian dari jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Republik Indoneisa (Kapolri). Pemberhentian tersebut dilakukan melalui rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, Presiden Jokowi telah mengirimkan surat ke DPR untuk memberhentikan Tito dari jabatan Kapolri. Menurut dia, Tito mengajukan pengunduran diri sebagai Kapolri lantaran akan mengemban tugas baru.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjadi salah satu tokoh yang diundang Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohamad Iqbal menyebut bahwa Tito kemungkinan akan menduduki jabatan baru pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Jabata baru apakah itu?

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. KPK Benarkan Beberapa Nama Calon Menteri Jokowi Jadi Saksi Kasus Korupsi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memanggil calon menteri yang akan mengisi jajaran Kabinet Kerja jilid II. Mereka dipanggil ke Istana Kepresidenan sejak Senin 21 Oktober 2019 hingga, Selasa 22 Oktober 2019.

Beberapa nama dari mereka yang menemui Jokowi di Istana Kepresidenan hari ini sempat terseret kasus korupsi.

"Beberapa orang memang pernah diperiksa KPK sebagai saksi dalam sejumlah perkara terpisah. Saya kira itu juga sudah terbuka ya informasinya," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa, 22 Oktober 2019.

Lantas, siapakah nama-nama yang diduga terseret kasus korupsi tersebut?

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Prediksi Susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

Para calon menteri sudah selesai dipanggil oleh Presiden Jokowi. Bersama Ma'ruf Amin, Jokowi pun sudah meracik dan memilih menterinya.

Para calon menteri datang dari beragam profesi. Tak cuma sejumlah nama-nama lama yang pernah duduk dalam Kabinet Kerja Jilid I Jokowi, Presiden juga mengundang kalangan profesional, pengusaha, serta kader partai untuk menemuinya di Istana. 

Usai berbincang dengan Jokowi, para calon menteri langsung memberi keterangan pers kepada wartawan. Ada yang terang-terangan mengungkap posisinya, ada pula yang enggan memberi tahu. 

Liputan6.com mencoba menyusun prediksi susunan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin berdasar keterangan para calon menteri. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.