Fenomena Angin Kencang Terjang Tegal, 537 Rumah Rusak

Oleh Rita Ayuningtyas pada 22 Okt 2019, 13:23 WIB

Diperbarui 22 Okt 2019, 16:10 WIB

Liputan6.com, Tegal - Hari masih pagi, namun warga Pedukuhan Sawangan Desa Sigedong dan Batumirah, Kecamatan Bumijawa, Tegal, sudah sibuk memperbaiki atap rumah yang rusak akibat terjangan angin puting beliung, Senin kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (22/10/2019), atap rumah warga yang sebagian besar terbuat dari seng terlepas akibat kencangnya angin. Hasil pendataan PMI setempat, rumah yang rusak mencapai 537 bangunan.

Selain itu, dua bangunan sekolah ikut rusak.

Meski kerusakan termasuk parah, warga memilih tetap bertahan di rumah masing-masing.

Lebih dari 50 pohon besar tumbang dan menutup jalan di kawasan Pangalengan, Kabupaten Bandung, akibat terjangan angin yang melanda kawasan ini kemarin.

Akses jalan di beberapa titik pun terputus. Sebanyak 120 personel gabungan TNI-Polri, BPBD, petugas PLN dan warga berjibaku membersihkan pohon yang tumbang dan memperbaiki kabel listrik.

Pasca terjangan angin kencang yang merusak sejumlah rumah serta satu bangunan SD, warga secara swadaya mulai memperbaiki kerusakan. Gedung SD Tejamulya, genteng dan atapnya yang rusak diperbaiki agar bisa segera digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Ada tiga ruang kelas yang atap dan gentengnya rusak tersapu angin. Untuk itu, kegiatan belajar mengajar terpaksa dilangsungkan dengan berbagi ruang kelas.

Kabupaten Majalengka terkenal dengan sebutan kota angin. Di musim pancaroba seperti ini, angin kencang kerap terjadi.