Sukses

2 Politikus Golkar Sambangi Istana, Kembali Jadi Menteri?

Hingga saat ini, sudah dua politikus Partai Golkar yang menyambangi Istana untuk memenuhi panggilan dari Presiden Jokowi dan diduga kuat akan kembali duduk jadi menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memanggil satu persatu calon menteri ke Istana Kepresiden. Seluruh kalangan baik profesional maupun partai politik terus dipanggil, termasuk juga dari Partai Golkar.

Hingga saat ini, sudah dua politikus Partai Golkar yang menyambangi Istana untuk memenuhi panggilan dari Presiden Jokowi.

Pada Senin, 21 Oktober 2019 siang, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mendatangi Istana. Airlangga yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian, akankah terus berlanjut?

Menurut Airlangga, dirinya berbincang banyak hal dengan Presiden Jokowi. Termasuk juga dirinya siap jika diminta kembali menjadi menteri.

Tak hanya Airlangga, Agus Gumiwang Kartasasmita juga sudah menyambangi Istana Kepresiden pada pukul 09.57 WIB, Selasa (22/10/2019).

Berikut dua politikus Partai Golkar yang menyambangi Istana memenuhi panggilan Presiden Jokowi dan diduga kembali duduk jadi menteri dalam Kabinet Kerja Jilid II dihimpun Liputan6.com:

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Airlangga Hartarto

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto datang ke Istana Kepresidenan, Senin, 21 Oktober 2019 siang. Bertandangnya Airlangga ke istana untuk bertemu empat mata dengan Presiden membincangkan banyak hal.

Mulai dari neraca perdagangan, produksi minyak dan gas (migas), biolog hingga pengembangan kawasan ekspor tekstil.

"Terkait untuk mengurangi neraca perdagangan, Pak Presiden minta dicarikan yang bisa mengurangi defisit perdagangan, salah satunya berkaitanya dengan SKK Migas. Kemudian meningkatkan sektor migas dan implementasi biolog. Juga, mengembangkan kawasan ekspor tekstil dan sektor lain," ujarnya di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Airlangga menyebutkan jika dirinya juga membicarakan tentang kawasan Morowali, yang direncanakan akan didorong sektor ekspor dan impornya. Bahkan, nantinya kawasan industri seperti Morowali akan diperbanyak.

"Seperti Morowali nanti, itu kawasan industri seperti itu yang akan kita replikasi," ungkapnya.

Airlangga sendiri mengaku siap untuk mendukung pekerjaan Presiden dan Wakil Presiden terpilih tersebut.

"Insya Allah kami sudah menyatakan siap untuk dukung Presiden Jokowi dan Wapres Ma'aruf Amin," tuturnya di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Airlangga menyatakan, seluruh keputusan pemilihan menteri diserahkan sepenuhnya kepada Presiden.

 

3 dari 3 halaman

Agus Gumiwang

Agus Gumiwang Kartasasmita menyambangi Istana Kepresidenan. Dia merupakan calon menteri ketiga yang tiba di kantor Jokowi.

Menteri Sosial dalam Kabinet Kerja I itu tiba pukul 09.57 WIB, Selasa (22/10/2019).

Agus Gumiwang tersenyum kepada wartawan yang melontarkan pertanyaan kepadanya. Dia juga melambaikan tangan ke arah kamera.

Pria kelahiran Jakarta ini pernah dipecat partainya sendiri karena mendukung Joko Widodo pada Pilpres 2014. Padahal, saat itu Golkar tengah mengusung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ke kursi RI 1.

Keluar dari Golkar, Agus Gumiwang membentuk relawan Dulur Jokowi-JK di Jawa Barat.

Putra mantan Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan, dan Industri Indonesia Ginandjar Kartasasmita ini terpilih menjadi anggota DPR mewakili Golkar pada Pemilu 1999 dan kembali terpilih di 2009 dan 2014 mewakili daerah pemilihan Jawa Barat II.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.