Pesan Gubernur Emil kepada Pemuda yang Ikut Pilkades

Oleh Liputan6.com pada 21 Okt 2019, 21:27 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Rakerda II KNPI bertajuk 'Revitalisasi Peran dan Kiprah Pemuda/KNPI Menuju Jawa Barat Juara Lahir Batin'

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengapresiasi banyaknya pemuda yang ingin mengisi ruang kepemimpinan di sejumlah daerah di Provinsi Jabar. 

Sebanyak 70 pemuda anggota DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jabar ikut pada kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 2019-2020.

"Menurut saya pemuda nyalon Kades itu baik," ucap Ridwan Kamil saat menghadiri Rakerda II DPD KNPI Jabar di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (21/10/19).

Ridwan Kamil mengatakan, pemimpin muda yang kompeten dan inovatif akan bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi daerahnya. Yang terpenting, pemimpin muda mampu membawa kebermanfaatan bagi masyarakat.

"Ruang kepemimpinan di daerah-daerah bisa diisi oleh pemuda, manfaatkan teknologi. Dan selama inovatif, (pemimpin muda) akan diapresiasi oleh level nasional bahkan internasional," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

"Seorang Ketua RT saja bila membawa manfaat bagi warganya itu lebih baik ketimbang Bupati, Wali Kota, atau Gubernur, yang tidak membawa kebermanfaatan," tegasnya.

Adapun saat ini, sebanyak 1.835 desa di provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia ini akan menyelenggarakan Pilkades serentak pada Oktober 2019 hingga April 2020.

Emil pun tak lupa memberikan pesan kepada para anggota KNPI maupun organisasi kepemudaan lainnya untuk memanfaatkan peluang ekonomi pariwisata.

"Seperti di KBB ini, sangat banyak peluang ekonomi pariwisata yang harusnya pemuda-pemudanya bisa menangkap peluang itu," ujar Emil.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 2

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓